Universitas Lambung Mangkurat (11/12/2022) dilaksanakan kegiatan Rembuknas Forpimawa yang diselenggarakan selama tiga hari dari 8 - 11 Desember 2022 di Hotel Galaxy Banjarmasin. Forpimawa sebagai wadah atau forum komunikasi pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan ke level pusat menjadi titik tumpu PTN/PTS seluruh Indonesia. Melalui Forpimawa diharapkan suara-suara dan permasalahan terkait bidang kemahasiswaan bisa dikomunikasikan langsung ke struktural pemerintah terkait.

Salah satu agenda kegiatan rembuknas ini adalah pemilihan pengurus periode 2023-2024. Turut hadir dalam acara Ketua Umum Forum Pimpinan Kemahasiswaan (Forpimawa) Prof Dr Iwantono M.Phil beserta jajaran, dan 92 Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan PTN/PTS Seluruh Indonesia.

Prof Iwantono dalam sambutannya, bahwa ada dua agenda yang akan digaris bawahi pada acara ini untuk didiskusikan, yakni terkait dengan isu-isu kemahasiswaan terkini, serta rencana atau kegiatan yang akan direncanakan selama satu tahun kedepan. “Forpimawa adalah Lembaga baru yang merupakan transformasi dari forkomawa dan setiap satu tahun sekali kepengurusannya akan diganti. Maka dari itu, Rembuknas rutin kita laksanakan sekaligus dalam rangka mendiskusikan hal-hal kepengurusan Forpimawa itu sendiri, serta untuk melakukan diskusi terkait rekomendasi kita kepada belmawa, puspresnas, sehubungan dengan kegiatan dalam satu tahun kedepan dan membuat kebijakan yang sesuai,” ungkapnya.

Adapun beberapa agenda pada Rembuknas tahun ini diantaranya Kebijakan Umum Bidang Kemahasiswaan oleh Plt. Ditjen Diktiristek, Kebijakan MBKM dan Pemeringkatan Bidang Kemahasiswaan oleh Direktur Belmawa, Even Talenta Kemahasiswaan Tahun 2022 oleh BPTI, Paparan Teknis Tracer Study (IKU 1), Paparan Teknis Prestasi dan MBKM (IKU 2), Pembahasan Rekomendasi Forpimawa untuk Kebijakan Kemahasiswaan Kemendikbudristek, Laporan Kinerja FORPIMAWA 2022 serta Pemilihan Ketua dan Sekjen Kepengurusan 2023.