UDAYANA STEADY-STATE OF PHARMACY 16TH



    Salah satu kunci dari munculnya rasa persaudaraan dan kebersamaan dalam lingkungan kampus, yaitu adanya interaksi antar-civitas. Adanya perbedaan dan peningkatan aktivitas perkuliahan setiap angkatan menyebabkan berkurangnya kesempatan berinteraksi antar angkatan di Program Studi Farmasi. Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi rasa persaudaraan dan kebersamaan mahasiswa antar angkatan di Program Studi Farmasi. Selain interaksi, rasa kecintaan segenap mahasiswa terhadap kampus juga merupakan faktor pendukung tercapainya suasana kondusif dan nyaman dalam lingkungan kampus sebagai tempat menuntut ilmu setiap harinya. Sebagai mahasiswa, sudah sewajarnya setiap mahasiswa memiliki rasa bangga terhadap almamater. Oleh karena itu, bersamaan dengan hari jadi Program Studi Farmasi Udayana yang ke-16, maka HIMAFARMA (Himpunan Mahasiswa Jurusan Farmasi) di lingkungan Universitas Udayana akan menyelenggarakan kegiatan yang diharapkan mampu memupuk dan meningkatkan rasa persaudaraan serta kebersamaan di kalangan mahasiswa, terutama mahasiswa farmasi Universitas Udayana serta kecintaannya terhadap kampus yang tidak hanya sebagai tempat menuntut ilmu (hardskill) dan berinteraksi sosial, melainkan juga sebagai tempat untuk melatih dan mengembangkan softskill.
    Kegiatan ulang tahun Program Studi Farmasi Universitas Udayana disebut dengan Udayana Steady-State of Pharmacy atau USP. Nama “USP” diambil dari suatu buku yang digunakan mahasiswa farmasi yang bernama “United States of Pharmacopeia” dan merupakan buku panduan mengenai bahan-bahan obat yang diterbitkan di Amerika Serikat. Nama USP bertujuan untuk memberi identitas bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan kegiatan mahasiswa farmasi yang memiliki arti “Keseimbangan Farmasi dalam Udayana”. USP di tahun 2021 ini adalah USP ke-16 yang merupakan perayaan hari jadi Program Studi Farmasi yang ke-16. Tema yang diangkat adalah “Pharmacy in Solidarity: Gain Up Potency and Creativity to Celebrating Harmony” yang memiliki makna meningkatkan dan mengembangkan potensi serta daya kreatif untuk menciptakan jiwa farmasis yang berpotensi gemilang di masa mendatang. Melalui USP ke-16 ini, diharapkan dapat mencetak dan menghasilkan mahasiswa yang dapat mengembangkan kreativitas dan kerjasama antar angkatan melalui rangkaian kegiatan yang diharapkan dapat menjadi salah satu topangan untuk menjadi seorang apoteker yang berkualitas. Adapun tujuan kegiatan sebagai berikut.
  1. Untuk memperingati HUT Program Studi Farmasi FMIPA Universitas Udayana yang ke-16.
  2. Untuk mempererat dan meningkatkan rasa kebersamaan, persaudaraan antar mahasiswa, dosen, dan pegawai di lingkungan farmasi.
  3. Untuk mengeksplorasi dan menyalurkan kreativitas-kreativitas yang dimiliki mahasiswa farmasi.
  4. Untuk meningkatkan kecintaan seluruh civitas terhadap almamater.
  5. Untuk dapat memberikan sarana hiburan bagi seluruh civitas farmasi di sela-sela kepadatan aktivitas perkuliahan.
  6. Untuk dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat sekaligus memperkenalkan Farmasi Udayana.
  7. Sebagai ajang untuk menunjukkan dan meningkatkan kompetensi mahasiswa Farmasi melalui kreativitas.
    Rangkaian kegiatan Udayana Steady-State of Pharmacy ini dilaksanakan secara daring dan offline mulai dari 1 Oktober hingga 23 Oktober 2021. Acara diawali dengan beberapa perlombaaan yang dilaksanakan secara daring dalam bentuk video mulai dari 1 - 17 Oktober 2021. Adapun lomba yang diadakan meliputi lomba kreativitas, video kreasi, band, 3-minutes make up challenge, Mobile Legend Bang-Bang (MLBB), Tiktok, dan Pharmacy’s Choice Award (PCA). Segala kegiatan lomba tersebut diikuti oleh mahasiswa aktif, dosen, serta alumni Farmasi Universitas Udayana. Lomba Pharmacy’s Choice Awards telah diadakan setiap tahunnya. Pada lomba ini masing-masing angkatan wajib mengirimkan perwakilan dengan katergori tertentu antara lain: tercantik, terganteng, tereksis, teralay, teraktif, dan Model’s Pose Duplication. Selain masing-masing Angkatan akan dilaksanakan pula Lomba Dosen Choice Awards untuk memilih dosen dengan kategori terganteng, tercantik, terdisiplin, terasik, termodis, terhumoris. Lomba Kreativitas diikuti oleh masing-masing angkatan dengan peserta maksimum 10 orang per angkatan aktif. Lomba Video Kreasi berupa pembuatan video dokumenter dengan tema kehidupan perkuliahan di Farmasi Udayana dengan durasi maksimal 10 menit. Lomba Mobile Legend Bang-Bang diikuti oleh mahasiswa aktif serta alumni Farmasi Udayana. Lomba ini diadakan sebagai bentuk menjalin keakraban antar angkatan yang dikemas dengan perlombaan games masa kini. Lomba Three Minutes Make Up Challenge diikuti oleh perwakilan masing-masing angkatan dengan ketentuan mengirimkan video peserta laki-laki merias laki-laki dengan durasi maksimal 3 menit. Lomba band diikuti oleh perwakilan dari masing-masing angkatan berupa video live cover dan ditampilkan secara offline pada puncak acara kegiatan, yaitu 23 Oktober 2021. Lomba Tiktok dilakukan secara daring yang mana masing-masing peserta atau kelompok peserta tiap angkatan mengirimkan video pendek yang semenarik dan sekreatif mungkin dari TikTok dan akan ditayangkan pada kegiatan puncak.
    Puncak Udayana Steady State Pharmacy ke-16 dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Oktober 2021 yang bertempat di Inna Herritage Bali. Acara ini dimulai dari pukul 08.30 WITA-selesai. Acara puncak Udayana Steady State Pharmacy dilaksanakan secara offline sama seperti tahun sebelumnya dan dihadiri oleh Dekan FMIPA, Kaprodi Farmasi, Kaprodi Apoteker, dosen, staff pegawai, serta beberapa perwakilan mahasiswa dari setiap angkatan. Selain offline, acara dapat disaksikan secara online melalui platform Cisco Webex dan YouTube. Adapun susunan acaranya, yaitu dimulai dengan persiapan panitia, registrasi undangan, pembukaan acara (menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa, laporan ketua panitia, sambutan ketua HIMAFARMA, Kaprodi Farmasi Udayana, serta Dekan FMIPA Universitas Udayana), pemukulan gong serta pemotongan tumpeng yang menandakan acara secara resmi dibuka, video ucapan selamat ulang tahun dari dosen, apresiasi mahasiswa berprestasi, ucapan kesan dan pesan dari perwakilan mahasiswa aktif, pemutaran video beberapa perlombaan (video tiktok, video kreativitas, 3-minutes make up challenge, dan video kreasi), penampilan band dari mahasiswa aktif, pengumuman pemenang semua kategori lomba dalam acara Udayana Steady State Pharmacy ke-16, dan dilanjutkan dengan penutupan acara.

Adapun pemenang dari lomba-lomba pada Udayana Steady State Pharmacy ke-16, yaitu:
1. Lomba Kreativitas
  • Juara I : Angkatan 2018
  • Juara II : Angkatan 2021
  • Juara III : Angkatan 2019
2. Lomba Video Kreasi
  • Juara I : Angkatan 2018
  • Juara II : Angkatan 2020
  • Juara III : Angkatan 2021
3. Mobile Legend Bang-Bang
  • Juara I : Angkatan 2018
  • Juara II : Angkatan 2021
  • Juara III : Angkatan 2020
4. Band
  • Juara I : Angkatan 2018
  • Juara II : Angkatan 2020
  • Juara III : Angkatan 2021
5. 3-Minutes Make Up Challenge
  • Juara I : Angkatan 2019
  • Juara II : Angkatan 2018
  • Juara III : Angkatan 2021
6. Pharmacy’s Choice Award Terfavorit
  • Tercantik : Angkatan 2018
  • Terganteng : Angkatan 2018
  • Teraktif : Angkatan 2018
  • Teralay : Angkatan 2018
  • Model Pose Duplication : Angkatan 2018
7. Dosen Choice Award Terfavorit
  • Dosen terganteng : Bapak Eka Indra Setyawan
  • Dosen tercantik : Ibu Ni Putu Linda Laksmiani
  • Dosen terdisiplin : Bapak Made Krisna Adi Jaya
  • Dosen terasik : Ibu Sagung Chandra Yowani
  • Dosen termodis : Ibu Dewa Ayu Swastini
  • Dosen terhumoris : Bapak Putu Sanna Yustiantara
Berdasarkan rekapan akhir, juara umum Udayana Steady State Pharmacy tahun 2021 adalah angkatan 2018.
    Acara Udayana Steady State Pharmacy tahun 2021 berjalan dengan kondusif dan lancar. Acara ini sangat penting dilaksanakan karena memberikan banyak manfaat seperti, meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan antara dosen, staff pegawai, mahasiswa aktif serta alumni, meningkatkan rasa kecintaan terhadap Program Studi Farmasi Universitas Udayana, serta sarana menyalurkan kreativitas. Selain itu melalui pelaksanaan Udayana Steady State Pharmacy, mahasiswa farmasi diharapkan dapat bersaing di era globalisasi, karena dalam dunia kerja tidak hanya dibutuhkan pengetahuan namun juga kreativitas sebagai farmasis yang berkompeten.
Beberapa dokumentasi selama kegiatan berlangsung: