Mahasiswa Pecinta Alam "Wanaprastha Dharma" Universitas Udayana (Mapala “WD” Unud) adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang fokus pada kepecintaalaman. Mapala “WD” Unud memiliki enam divisi, seperti Hutan Gunung, Susur Gua, Selam, Panjat Tebing, Olahraga Arus Deras (Orad), Konservasi, dan Search and Rescuer (SAR). Sejak berdiri pada 21 April 1981, Mapala "WD" Unud terus eksis hingga era saat ini melalui program kerja yang beraneka jenis dan tujuan.

    Udayana Scientific Excursion (USE) adalah program unggulan Mapala “WD” Unud yang menerapkan konsep Tri Dharma perguruan tinggi dalam perjalanan eksplorasi. USE 2023 berlangsung di Kabupaten Ende dan Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), menggabungkan petualangan dan penelitian ilmiah. Tema USE 2023 adalah "Pengembaraan Nusabunga," menggambarkan petualangan di Pulau Flores, yang disebut Nusabunga oleh Portugis karena keindahannya.
    Sebelum keberangkatan, dilakukan pelepasan atlet sebagai smmbol peresmian dibukanya ‘Pengembaraan Nusa Bunga” yang dihadiri oleh Ketua Unit Pengembangan Ormawa (UPO) Unud, pembina, anggota aktif, anggota luar biasa sekaligus Atlet USE 2023 Mapala “WD” Unud.


Dokumentasi Pelepasan Atlit

    Keberangkatan dilakukan pada sehari setelah upacara pelepasan atlet yaitu pada 17 Juli 2023 melalui jalur air dari Pelabuhan Benoa dengan tujuan Pelabuhan Ippi, Ende, NTT. Atlet melakukan kegiatan pemanjatan dan kajian budaya dari 19 Juli hingga 27 Juli 2023.


Empat atlet panjat tebing yang sedang berada di Tebing Kezi Tembu

    
Empat atlet Studi Budaya 

    Kegiatan ini hasilnya diharapkan bermanfaat bagi organisasi, universitas, masyarakat, dan pemerintah. USE 2023 mencakup studi budaya di Kampung Adat Gurusina, Desa Watumanu, Kecamatan Jerebuu, Kabupaten Ngada, NTT, yang berfokus pada makna lukisan dinding pada Rumah Adat Sa’o. Selain itu, program ini juga akan melibatkan kegiatan panjat tebing di Tebing Kezi Tembu, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Ende Selatan, Kabupaten Ende, NTT. Hasil dari eksplorasi tebing ini akan menjadi daya tarik wisata dan penambah point of interest pada pengembangan geopark Ende Kelimutu.

Hasil kegiatan ini dipaparkan secara umum kepada Mapala, Sispala, dan pecita alam lainnya secara online melalui talkshow. Talkshow dilaksanakan melalui Webex dan Youtube Live Mapala “Wanaprastha Dharma” pada Minggu, 12 November 2023 pukul 09.00 WITA. 

Talkshow Udayana Scinteific Excursion 2023

Talkshow dinarasumberi oleh Koordinator Divisi Panjat Tebing yaitu Ranu Moha Ray Jainn (WD-2038760) yang membahas tentang “Eksplorasi Tebing Kezi Tembu Kel. Tetandara, Kab. Ende, NTT”, Koordinator Divisi Studi Budaya yaitu Irfan Maulana Azizi (WD-2239768) tentang “Pengkajian Ilmiah Esistensi Ragam Hias pada Dinding One Rumah Adat Sa’o Kampung Adat Gurusina, Desa Watumanu, Kec. Jerebu’u, Kab. Ngada, NTT”, dan di moderatori oleh Ni Wayan Novi Ardani (WD-2340784) yang merupakan salah satu atlet divisi panjat tebing yang memimpin acara ini hingga selesai dan tentunya dengan pembawaan yang sangat menarik. 

Tidak hanya talkshow, para atlet juga membuat booklet yang berjudul Pengembaraan nusa bunga Kezi Tembu dan guide book Studi Budaya.

https://issuu.com/mapalawdunud/docs/booklet_pengembaraan_nusa_bunga_kezi_tembu_-compr?fbclid=PAAaaJQ75RmhjUl_mnQpKlfvbZgNiPB69NYOO6oAj0yBD7e1qNQYwaCagjSPg

https://issuu.com/mapalawdunud/docs/panduan_wisata_desa_adat_gurusina

booklet yang berjudul Pengembaraan nusa bunga Kezi Tembu

guide book Studi Budaya