Foto UKM Debat Udayana

(Dari kiri ke kanan, Adhi Pratama (Pelatih), Nola Nur Aini, Mirah Prabandari, Virgin Kartika Sari, Ni Luh Putu Krisnawati (Pembina))

NUDC 2016 ( National University Debate Competition) merupakan sebuah kompetisi debat Bahasa Inggris yang diadakan oleh DIKTI. Pada korwil VIII, kompetisi ini diadakan di universitas Mahasaraswati Denpasar Bali pada tanggal 9-11 Juni 2016. Kompetisi diikuti oleh 40 universitas dan akan menyeleksi 6 universitas untuk dikirim menuju NUDC tingkat nasional.

Universitas Udayana mempercayakan UKM Debat dalam memilih kandidat yang diikutkan dalam kompetisi ini. Tim yang dikirim dalam kompetisi ini yaitu Ni Putu Virgin Kartika Sari  (Fak. Pariwisata 2015), A.A Sagung Mirah Prabandari (Fak. Kedokteran, 2014), dan Nola Nur Aini (Fak. Sastra, 2014). Tim ini dipilih berdasarkan seleksi interkom yang dilaksanakan pada Maret 2016 dan keputusan pembina serta pelatih UKM Debat.

Pada kompetisi ini Tim Universitas Udayana berhasil mendapatkan predikat 1st Best Speaker (Mirah Prabandari dan Ni Putu Virgin Kartika Sari), 1st Best Adjudicator (Nola Nur Aini). Tim Universitas Udayana juga memenangkan 2nd Runner Up dan memastikan diri menuju ke tingkat nasional bersama dengan 5 tim dari universitas lain yang akan dilaksanakan di Jakarta pada akhir bulan Juli.

Menurut Chief Adjudicator, Pak Rachmat perlombaan di korwil VIII sudah sangat kompetitif dan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hal ini disebabkan pengurangan kuota, penambahan jumlah peserta dan meningkatnya kemampuan berpikir dan analisis dari setiap universitas. Beliau berterima kasih atas semua pihak yang sudah membantu dan mendukung kegiatan acara ini.