TRY OUT UJI KOMPETENSI APOTEKER (UKAI) 2021

    

    Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMAFARMA) sebagai sebuah organisasi kemahasiswaan di tingkat program studi yang aktif dalam setiap kegiatan kemahasiswaan. HIMAFARMA didirikan sebagai wadah yang menampung seluruh aspirasi mahasiswa Farmasi Universitas Udayana serta sebagai media penghubung antara mahasiswa Farmasi Universitas Udayana dengan lingkungan luar. HIMAFARMA dalam menunjang softskill mahasiswa dalam berorganisasi memiliki berbagai program kerja yang rutin dilaksanakan setiap tahun.
    Salah satu kegiatan tersebut adalah Try Out UKAI. Uji Kompetensi Apoteker Indonesia atau yang biasa dikenal dengan UKAI adalah syarat utama bagi para calon apoteker mendapatkan “lisensi” keprofesiannya. Ujian ini juga ditujukan sebagai tolak ukur tentang pengetahuan akan ilmu farmasi dan untuk mempersiapkan para calon apoteker menghadapi dunia kerja. UKAI dirancang sedemikian rupa untuk menjadi parameter kualitas apoteker, terlebih mengingat kurikulum institusi pendidikan kefarmasian di Indonesia berbeda-beda.
    Dalam menghadapi ujian UKAI, mahasiswa membutuhkan strategi belajar yang baik dan tepat sasaran. Untuk mempersiapkan diri menuju UKAI Nasional tentu peserta harus belajar lebih giat dan latihan mengerajakan soal yang lebih dikenal dengan Try Out agar kemampuan peserta mengerjakan soal lebih baik lagi dan dapat mengukur kemampuan sehingga tahu materi mana yang harus diperdalam.
Tujuan Kegiatan:
    Tujuan diselenggarakannya Try Out UKAI 2021 adalah untuk meningkatkan kesiapan calon apoteker Universitas Udayana dalam menghadapi Uji Kompetensi Apoteker Indonesia.
    Try Out Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) yang dilaksanakan pada 26 Juni 2021 merupakan pelaksanaan kegiatan Try Out kedua kalinya yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Farmasi, Fakultas MIPA, Universitas Udayana. Tahun ini kegiatan Try Out kembali dilakukan secara daring. Adapun susunan kegiatan pada pelaksanaan hari H kegiatan yaitu : pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, laporan ketua panitia, sambutan dari Ketua Himpunan Mahasiswa Farmasi FMIPA Unud, sambutan dari Ibu Koordinator Program Studi Farmasi FMIPA Unud, sambutan Ibu Dekan Fakultas MIPA Unud yang sekaligus membuka acara, sharing tips dan trik menghadapi UKAI Nasional yang dibawakan oleh Bapak apt. Anak Agung Gede Rai Yadnya Putra, S.Farm., M.Si. melalui Webex Meeting, dan dilanjutkan dengan menjawab soal Try Out oleh peserta melalui OASE Unud selama 200 menit.
Jumlah Peserta :
    Jumlah peserta yang mengikuti Try Out UKAI 2021 adalah sebanyak 133 orang terdiri dari mahasiswa S1 Farmasi dan mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker, FMIPA, Unud.
Dokumentasi selama kegiatan: