Organisasi mahasiswa (ormawa) adalah organisasi yang beranggotakan mahasiswa untuk mewadahi bakat, minat dan potensi mahasiswa yang dilaksanakan di dalam kegiatan ko dan ekstra kurikuler. Ormawa atau yang dapat disebut juga organisasi kemahasiswaan memiliki pengertian untuk:

1. Organisasi kemahasiswaan merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kapasitasnya berupa aspirasi, inisiasi, atau gagasan-gagasan positif dan kreatif melalui berbagai kegiatan yang relevan dengan tujuan pendidikan nasional serta visi dan misi institut perguruan tinggi yang bekerja secara organisatoris. 

2. Organisasi kemahasiswaan Universitas Udayana merupakan suatu organisasi intra perguruan tinggi yang dapat menaungi kebutuhan substansi aktivitas kemahasiswaan.

3. Organisasi kemahasiswaan Universitas Udayana dibentuk pada tingkat universitas, fakultas dan jurusan.

4. Bentuk, kelengkapan, dan sifat organisasi kemahasiswaan Universitas Udayana ditetapkan berdasarkan kesepakatan antar mahasiswa dan tidak bertentangan dengan peraturan atau perundang-undangan yang berlaku.

Kedudukan organisasi kemahasiswaan intra perguruan tinggi merupakan kelengkapan non-struktural pada organisasi perguruan tinggi yang bekerja berdasarkan sistem dan aturan yang berlaku dan berfungsi sebagai wadah: 

 Perwakilan mahasiswa yang dapat menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa, menetapkan garis besar program, dan melaksanakan berbagai kegiatan yang telah ditentukan.

 Komunikasi gagasan antar mahasiswa selingkung Universitas Udayana

 Pengembangan potensi dan jati diri mahasiswa sebagai insan akademik yang lengkap dan berkarakter.

 Pengembangan keterampilan berorganisasi, manajemen, dan jiwa kepemimpinan.

 Pembinaan dan pengembangan jiwa kepemimpinan

 Memelihara dan mengembangkan ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi yang dilandasi oleh norma-norma akademik, etika, moral, agama, dan berwawasan kebangsaan.

Dalam pelaksanaan tugasnya ormawa memiliki tanggung jawab: 

 Selalu menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan nilai-nilai akademik.

 Menjaga amanah dengan sungguh-sungguh.

 Menjaga keberlangsungan organisasi yang diembannya.

 Menjaga citra Universitas Udayana sebagai perguruan tinggi unggul, mandiri dan berbudaya.

Pada dasarnya, Organisasi Mahasiswa adalah sebuah wadah berkumpulnya mahasiswa demi mencapai tujuan bersama, tetapi harus tetap sesuai dengan koridor AD/ART yang disetujui oleh semua anggota. Organisasi Mahasiswa tidak boleh keluar dari rambu-rambu utama tugas dan fungsi perguruan tinggi yaitu tri darma perguruan tinggi, tanpa kehilangan daya kritis dan tetap berjuang atas nama mahasiswa, bukan pribadi atau golongan.

Senin, 21 Oktober 2019 bertempat di Ruang Bangsa Lt 3 Gedung Rektorat Universitas Udayana Jimbaran diselenggarakan Sosialisasi Monev Ormawa Universitas Udayana. Acara dibuka dan dihadiri oleh Bapak Wayan Santiyasa selaku Ketua Tim Monev Mahasiswa, Wakil rektor Bidang Kemahasiswaan sekaligus memberikan kata sambutan dimana eksistensi dan prestasi ormawa sangat diperlukan sebagai acuan kinerja rektor dan akreditasi unud kedepan. Pada kesempatan ini kegiatan juga dihadiri oleh para wakil dekan bidang kemahasiswaan, para pembina UKM, dan organisasi kemahasiswaan selingkung Universitas Udayana.