Universitas Udayana melalui Biro Kemahasiswaan selenggarakan Sosialisasi dan Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bagi Mahasiswa Bidikmisi di Universitas Udayana. Workshop dilaksanakan secara daring via webex dari ruang USCC Gedung Agrokomplek Lt. IV Kampus Sudirman Denpasar, Kamis-Jumat, (23-24/7/2020). Workshop dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kepala Biro Kemahasiswaan, Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, ketua USCC beserta sekretaris serta tiga narasumber yaitu Dr. Ir. I Ketut Sardiana, M.Si dengan materi “Pengembangan PKM di Universitas Udayana”., Prof. I Dewa Gede Ary Subagya, S.T.,M.T.,Ph.D dengan materi “Strategi PKM 5 Bidang”., dan Prof. Ir. I Nyoman Sucipta, M.S. dengan materi “PKM KT & GFK” dengan moderator Dr. Ni Luh Ramaswati Purnawan, S.S.,M.Comn.

Kepala Biro Kemahasiswaan Universitas Udayana I Dewa Gede Oka, SE dalam laporanya menyampaikan, sosialisasi ini dilaksanakan 2 periode yaitu periode pertama tanggal 23-24 Juli 2020 untuk mahasiswa Bidikmisi angkatan tahun 2018 dan periode kedua tanggal 27-28 Juli 2020 untuk mahasiswa Bidikmisi angkatan tahun 2019. Jumlah mahasiswa Bidikmisi 2 angkatan tersebut berjumlah lebih dari 1000 orang. Untuk tahun 2020 Kepala Biro Kemahasiswaan akan berupaya memberdayakan mahasiswa Bidikmisi yang memiliki kapasitas akademis yang cukup bagus dan sudah mendapatkan pembiayaan dari pemerintah. Hal ini sesuai dengan harapan pimpinan dimana mahasiswa Bidikmisi memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan di dalam berpartisipasi pada pelaksanaan PKM di tahun 2020. 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Made Sudarma, MS. dalam sambutanya menyampaikan, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bagi Mahasiswa merupakan ajang bergengsi di Indonesia yang merupakan program pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tetap di pertahankan, mengingat prestasi mahasiswa Indonesia perlu ditingkatkan, terlebih lagi bagi mahasiswa yang ada di Universitas Udayana.  

PKM terdiri dari beberapa jenis diantaranya PKM 5 Bidang yaitu: PKM Penelitian, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Teknologi dan PKM Karya Cipta serta ada juga PKM Karya Tulis, PKM Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis. Ini merupakan PKM yang harus diikuti oleh mahasiswa Bidikmisi yang nantinya bisa meningkatkan prestasi di bidang kemahasiswaan. Peran mahasiswa di dalam meningkatkan PKM ini sangat penting, mengingat dari catur wulan pertama baru mencapai 45 orang. Prof. Sudarma juga menegaskan, penghargaan PKM ke depan di dalam kampus merdeka merdeka belajar sudah di tingkatkan menjadi SKS akademik yang merupakan mata kuliah pilihan yang bisa di tempuh di semester akhir dan diakui SKS nya secara akademik. Dalam program PKM ini Dosen Pembimbing diharapkan dapat mendampingi anak didiknya secara baik, serta mengasah anak didiknya di dalam mencapai jenjang yang di harapkan terutama ke PIMNAS. 

Hari kedua kegiatan sosialisasi diisi dengan pemaparan materi per skim PKM 5 bidang, teknik dan tutorial pembuatan proposal sesuai dengan aturan dan pedoman yang berlaku. Kegiatan dibagi menjadi 6 kelas (skim) yang dipandu oleh seorang moderator dan pemaparan materi oleh para narasumber sesuai dengan bidang (skim) pilihan masing-masing peserta dan dilanjutkan mengupload proposal berupa abstrak per skim pilihan pilihan peserta.