Biro Kemahasiswaan Universitas Udayana selenggarakan Sosialisasi dan Penelusuran Talenta dalam rangka Program PPK Ormawa dan P2MW Tahun 2024 bertempat di Aula Pascasarjana Kampus Sudirman Denpasar, Selasa (30/1/2024). Sosialisasi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof. I Ketut Sudarsana. Dalam kesempatan ini turut hadir pula Ketua dan Sekretaris Pusat Kreativitas dan Prestasi Mahasiswa, Ketua dan Sekretaris Unit Pengembangan Kewirausahaan (UPK), Ketua dan Sekretaris Unit Pengembangan Karakter dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Koordinator Kesejahteraan Mahasiswa, Koordinator Minat, Penalaran dan Informasi, serta Mahasiswa yang tergabung dalam ORMAWA Universitas Udayana.

Dalam sambutannya Prof. I Ketut Sudarsana menyampaikan, Belmawa sendiri sudah memfasilitasi aktivitas mahasiswa berkaitan dengan pengabdian yang dirangkaikan dengan PPK Ormawa dan juga pengembangan kewirausahaan. Belmawa berharap dari program ini ada penguatan di dalam organisasi kemahasiswaan kita di Indonesia, oleh karena itu terdapat kegiatan-kegiatan dalam meningkatkan soft skill yang salah satunya adalah kegiatan PPK ORMAWA dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dan juga kegiatan pengembangan kewirausahaan P2MW.

“Marilah mahasiswa memanfaatkan kegiatan-kegiatan yang sudah diberikan dan kesempatan untuk berlatih serta mempersiapkan diri untuk berinteraksi dengan masyarakat setelah lulus menjadi bagian dari masyarakat umum itu sendiri,” ujarnya.

Kegiatan pengabdian yang dirancang melalui PPK ORMAWA dan juga Pengembangan Kewirausahaan ini bertujuan untuk meningkatkan empati mahasiswa serta dapat melihat permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat kita dan mahasiswa sebagai masyarakat akademik mampu memberikan jawaban atau inovasi terbarukan darisisi keilmuan yang sudah dipelajari di universitas.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan gairah baru untuk mahasiswa untuk mengusulkan proposal-proposal yang berkualitas, sehingga nanti semakin banyak proposal yang bisa kita seleksi, semakin banyak juga peluangnya. Selain itu proposal-proposal ini nanti ada yang mendapatkan pendanaan ataupun tidak tergantung kualitas dari proposal, dan kegiatan ini dirangkaikan dengan kegiatan MBKM, sehingga mahasiswa yang proposalnya belum mendapatkan pendanaan itu kita bisa arahkan kearah kegiatan mandiri, sedangkan proposal yang berkaitan dengan PPK ORMAWA kita arahkan ke kegiatan Bina Desa sedangkan kegiatan P2MW kita arahkan ke WMK Mandiri, sehingga bisa di rekognisi sebagai kegiatan MBKM.

Selain itu diharapkan, dengan dilaksanakannya sosialisasi secara masif ini proposal-proposal yang kita peroleh semakin banyak dan dengan kualitas yang lebih baik sehingga nantinya proposal yang bisa kita kirim tersebut lebih banyak mendapatkan pendanaan, kalau tahun lalu mendapatkan tujuh proposal pendanaan dan dari tujuh tersebut empat yang telah lolos ke abdi daya. Kita bersyukur beberapa dari kriteria yang abdi daya itu kita sudah mendapatkan prestasi dan medali. Karena bersamaan dengan kegiatan pengembangan kewirausahaan kita juga berharap proposal-proposal kewirausahaan dari mahasiswa semakin banyak dan semakin meningkat prestasinya, tahun lalu kita mendapatkan satu kelompok medali emas dan mudah-mudahan di tahun ini bisa menambah prestasi yang kita dapatkan. Kegiatan ini selain mencapai prestasi juga kita akan arahkan untuk capaian kegiatan MBKM karena Universitas Udayana masih perlu banyak meningkatkan capaian di IKU 2.