Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan salah satu kegiatan ajang talenta untuk mengembangkan inovasi mahasiswa melalui berbagai karya unggulan yang menjawab tantangan di masyarakat. Universitas Udayana melalui Biro Kemahasiswaan Kamis-Jumat, 25-26 Januari 2024 bertempat di Ruang Aula Wiswakarma Lantai 4 Gedung Fakultas Teknik Universitas Udayana Denpasar diselenggarakan kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Universitas.

Hadir pada kesempatan ini Bapak Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. I Ketut Sudarsana, Kepala Biro Kemahasiswaan, Para Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan dan Informasi, Para Dewan Juri, Ketua dan Sekretaris Pusat Kreativitas dan Prestasi Kemahasiswaan, Koordinator Minat, Penalaran, dan Informasi Kemahasiswaan, Ketua dan Sekretaris Unit Penalaran dan Kreativitas dan jajaran Biro Kemahasiswaan.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Seleksi Dr. Ns. Putu Ayu Sani Utami dalam laporannya menyampaikan dimana seleksi kali ini diwakili oleh 16 kandidat peserta diantaranya 14 dari Prodi Sarjana dan 2 orang mahasiswa dari Prodi Diploma. Untuk seleksi wilayah akan dilaksanakan pada bulan mei 2024, sedangkan rekrutmen persiapan seleksi Tingkat fakultas sudah dilaksanakan di bulan September dan Oktober tahun 2023. Peran serta para juri diharapkan mampu menelorkan kandidat mumpuni melalui seleksi yang lebih mendalam.

Prof. I Ketut Sudarsana dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Proses seleksi ini sudah dilakukan setiap tahun, dan merupakan role model mahasiswa berprestasi untuk mengangkat derajat lembaga di ajang nasional maupun internasional”, ucapnya. Mahasiswa bereprestasi merupakan kumulatif dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama menempuh studi di Universitas Udayana, menonjolkan aktifitas dan kreatifitas, seleksi CU, penelitian, pengabdian, dan partisipasi mahasiswa yang berhubungan dengan sustainability, kilahnya. Biro Kemahasiswaan mengawal dan treatment sebagai perwakilan universitas, sedangkan perwakilan fakultas bisa menularkan ke adik-adiknya untuk tetap berprestasi kedepan. Terakhir, kita bangga menjadi bagian dari Udayana, terima kasih kepada dewan juri atas pendampingan selama proses pilmapres berlangsung.