PRAKTIK LAPANGAN 1 (PL 1) ITU APA?

    Praktik Lapangan 1 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Pelatihan Tingkat Dasar (PTD) Angkatan XLI Tahap 1. Praktik Lapangan 1 ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan hidup dan menumbuhkan kepekaan peserta terhadap kebersihan lingkungan. PL 1 kali ini diadakan pada Minggu, 10 September 2023 bertempat di Ekowisata Mangrove Batu Lumbang, Pemogan, Denpasar Selatan. Kegiatan pada PL 1 yakni berupa pengenalan kawasan mangrove, aksi bersih-bersih, dan pemilahan sampah. Kegiatan ini dihadiri oleh 104 peserta PTD Angkatan XLI.

PENGENALAN KAWASAN DAN IDENTIFIKASI EKOSISTEM MANGROVE


    Kegiatan diawali dengan Pengenalan Kawasan Mangrove oleh perwakilan dari KUB Segara Guna Batu Lumbang. Sosialisasi yang diberikan berupa pengenalan kawasan mangrove Batu Lumbang secara garis besar dan situasi di mangrove Batu Lumbang. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai identifikasi dan ekosistem mangrove oleh Syifa Syafira Oktaviani (WD-2038758).


    Dalam materi ini, peserta diberikan tugas untuk mengamati jenis akar, daun, buah, dan hewan darat atau air yang ada di Mangrove Batu Lumbang, serta menyebutkan apa saja manfaat hutan mangrove untuk kehidupan sekitarnya dan permasalahan yang dapat mempengaruhi ekosistem mangrove.


PEMILAHAN SAMPAH DAN REVIEW HASIL PENUGASAN

    Setelah aksi bersih dilaksanakan, para peserta melakukan pemilahan sampah hasil bersih-bersih. Sampah dipilah menjadi sampah yang masih memiliki nilai dan yang tidak memiliki nilai. Terkumpul sampah sebanyak 13 karung. Hasil bersih-bersih kemudian disetorkan kepada pihak KUB Segara Guna Batu Lumbang.
    Kegiatan selanjutnya adalah mengulas ulang tugas dari materi Identifikasi dan Ekosistem Mangrove. Setiap kelompok telah mengamati setidaknya 1 hewan di sekitar kawasan Mangrove Batu Lumbang.

Praktik Lapangan 1 diakhiri dengan foto bersama para peserta yang hadir.

    Seperti slogan yang mengatakan “Satu sampah yang kau buang sembarangan, akan menimbulkan seribu satu macam bencana. Satu sampah yang kau buang ke tempatnya, akan menyelamatkan seluruh alam semesta,” melalui kegiatan ini, peserta telah membangun rasa peduli terhadap kebersihan lingkungan. Besar harapannya, peserta dapat menerapkan ilmu-ilmu yang didapat pada PL 1 dalam kehidupan sehari-hari