Peserta praktik lapangan 2

Praktik lapangan 2 merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pelatihan Tingkat Dasar (PTD) Angkatan XL yang bertujuan untuk pengenalan dasar kegiatan survival. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 2 Oktober 2022 di Goa Tegeh, Jimbaran dan dihadiri oleh 53 peserta. 

 

Materi Simpul

Kegiatan pada praktik lapangan 2 berupa pembuatan simpul yang akan digunakan pada pembuatan tandu, penanganan hewan berbisa, pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK), dan pembuatan bivak. Peserta juga mendapat kesempatan untuk mempraktikkan langsung materi yang telah disampaikan oleh panitia. Sebelum memasuki pos penanganan hewan berbisa, peserta mendapatkan materi simpul clove hitch dan girth hitch yang disampaikan oleh Ranu Moha Ray Jainn (WD-2038760). 


Materi penanganan hewan berbisa

Pada pos penanganan hewan berbisa, materi diberikan oleh Minpro Satwa Liar Rothschildi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Materi yang diberikan berupa identifikasi ular, alat-alat penanganan ular, dan juga restrain serta handling. Pada pos ini, peserta juga diajarkan mengenai imobilisasi gigitan ular.



Materi PPPK

Pada pos PPPK, materi yang disampaikan berupa penggunaan tourniquet pada kasus pendarahan arteri, imobilisasi pada penanganan patah tulang pergelangan, bahu, paha, rahang, dan juga cara pembuatan tandu serta evakuasi korban menggunakan tandu. Pada pos ini, peserta diminta untuk membuat tandu dengan menggunakan simpul yang sudah diajarkan di pos sebelumnya dan juga praktik membidai serta cara mengevakuasi korban menggunakan tandu yang tepat dan benar.


Materi bivak, api dan sinyal

Pos terakhir yakni pembuatan bivak, api dan sinyal yang disampaikan oleh Samuel Saut Gofan Saragi (WD-1937753). Pada pos ini, peserta diminta untuk membuat bivak, api, dan sinyal secara berkelompok, sesuai dengan kelompok yang telah dibagi dan materi yang telah diberikan sebelumnya.