Pelatihan Tingkat Dasar (PTD) Angkatan XL merupakan tahapan bagi calon anggota untuk belajar mengenal dan memahami kegiatan dasar kepecintaalaman. PTD Angkatan XL terdiri dari beberapa rangkaian salah satunya yaitu Praktik Lapangan 1. Kegiatan Praktik Lapangan 1 PTD Angkatan XL berupa Aksi Lingkungan Hidup yang dilaksanakan di kawasan Pantai Padang Galak Sanur, Kesiman, Denpasar Timur, Bali. Kegiatan Aksi Lingkungan Hidup ini berupa bersih-bersih pantai dan pemilahan sampah. Kegiatan ini dihadiri oleh 82 peserta yang seluruhnya merupakan peserta PTD Angkatan XL.


Kegiatan bersih - bersih

Aksi Lingkungan Hidup ini dilakukan sebagai wujud kesadaran peserta akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar. Dari hasil bersih-bersih pantai ini terkumpul sampah sebanyak 26 karung, Jenis sampah yang ditemukan pada kegiatan ini berupa plastik pembungkus makanan, gelas kertas, sandal, kain perca, gabus, styrofoam, pecahan kaca, serabut kelapa, botol kaca, dan lain sebagainya. Sampah ini terkumpul dengan beberapa pembagian seperti sampah yang masih memiliki nilai dan sampah residu. Ada sebanyak 5,32 kg sampah botol campur, 18,4 kg sampah kaca campur, 0,96 kg sampah tutup botol dan 148 kg sampah serabut kelapa. Sampah yang masih memiliki nilai ini disetorkan pada bank sampah Dharma Laksana, Banjar Kaja Panjer dan sampah residu akan dialihkan ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar.

 

 Proses pemilahan sampah

Setelah kegiatan bersih-bersih dan pemilahan sampah selanjutnya yang dilakukan adalah mencuci sampah yang masih memiliki nilai. Nilai yang didapat dari hasil menukarkan sampah pada bank sampah sebanyak Rp.17.606,00.
Diakhir kegiatan aksi lingkungan hidup ada sosialisasi mengenai nilai sampah dari pihak bank sampah Dharma Laksana, Banjar Kaja Panjer. Harapannya dari kegiatan Aksi Lingkungan Hidup, peserta dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan maupun alam melalui hal-hal kecil yang berarti terutama mengenai pemilahan sampah.


“Langkah tercepat menyelamatkan bumi dari sampah adalah dengan memulainya dari diri sendiri"