Sabtu, 10 Desember 2016 telah berlangsung kegiatan PKMM yang mengambil tema “Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Insan Muda Veteriner Guna Terciptanya Pemimpin yang Profesional, Beretika, dan Berdudaya”.  Kegiatan tersebut bertempat di Aula Pertemuan Lantai Dua Gedung Pramuka Kwarda Bali. PKMM (Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa) merupakan kegiatan wajib mahasis wa

FKH yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Sesuai dengan temanya, kegiatan PKMM tahun ini bertujuan tidak hanya untuk mengumpulkan SKP sebagai syarat yudisium, namun juga melatih jiwa kepemimpinan insan veteriner muda sejak dini serta menumbuhkan sikap disiplin.

PKMM 2016 diikuti oleh 146 mahasiswa yang terdiri dari 127 mahasiswa baru dan 19 mahasiswa lama. Mengingat pentingnya kegiatan PKMM ini sebagai salah satu cara untuk menilai mahasiswa yang memiliki potensi menjadi pemimpin, maka kegiatan ini sudah tentu menghandirkan konsep baru ditiap tahunnya. Tahun 2016, Luh Putu Pradnya Swari selaku ketua panitia menghadirkan sistem penilaian dengan rentangan nilai dari A sampai E sehingga mahasiswa yang ikut tidak sekedar hadir demi mendapatkan sertifikat.

Selain memberikan materi mengenai kepemimpinan yang disampaikan oleh dua pembicara, yakni drh. I.G.N.A Wisnu Adi Saputra dan drh. Putu Gede Widiarsa Putra, M.Si, kegiatan PKMM tahun ini juga menghadirkan tiga jenis permainan outdoor seperti menyampaikan pesan berantai, menyusun kartu remi, dan memasukkan bola kedalam gelas. Salah satu peserta PKMM yakni Ni Putu Sri Ayu Astini menyampaikan bahwa ia sangat antusias mengikuti ketiga permainan tersebut karena menurutnya bisa melatih kekompakkan dan kerjasama antar tim.

Diharapkan mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan PKMM tahun ini dapat menerapkan konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan baik serta mampu mengimplementasikan ilmu kepemimpinan yang didapat tidak hanya di lingkungan fakultas dan universitas, namun juga di organisasi-organisasi lainnya. Kegiatan PKMM tahun 2016 ditutup dengan sesi foto bersama pantia dan peserta.