Tirta Yatra merupakan salah satu program kerja dari Bidang Personalia yang rutin diadakan setiap tahunnya oleh UKM Koperasi Mahasiswa Universitas Udayana. Pada tahun ini UKM Kopma Unud mengadakan Tirta Yatra pada hari Rabu, 4 Juli 2018 dengan mengusung tema “Tingkatkan Sradha dan Bakthi melalui Tri Hita Karana”. UKM Kopma Unud memilih Kabupaten Gianyar sebagai tempat tujuan untuk Tirta Yatra tahun ini. Pura yang dipilih untuk Tirta Yatra kali ini adalah Pura Goa Gajah, Pura Samuan Tiga, Pura Gunung Kawi dan Pura Tirta Empul. Keempat pura tersebut dipilih dikarenakan jaraknya yang sangat strategis, sehingga memudahkan kita untuk mencari pura tersebut. 

    Kegiatan Tirta Yatra diikuti oleh pengawas dan pengurus UKM Kopma Unud sebanyak 17 orang. Sebelum memulai perjalanan, rombongan UKM Kopma Unud berkumpul di Padmasana Pasca sarjana untuk melakukan persembahyangan bersama.
Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam, rombongan UKM Kopma Unud sampai di Pura Goa Gajah pukul 09.00 WITA. Pura Goa Gajah berlokasi di Jalan Bedulu, Blahbatuh, Gianyar. Pura Goa Gajah merupakan salah satu pura tertua dan bersejarah yang menjadi simbol dan saksi perkembangan peradaban masyarakat Hindu Budha di Pulau Bali.

    Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Pura Samuan Tiga. Perjalanan dari Pura Goa Gajah ke Pura Samuan Tiga, kurang lebih 5 menit. Jarak kedua pura tersebut memang sangat berdekatan sehingga menghemat waktu kita selama di perjalanan.
Pukul 11.15 WITA, rombongan UKM Kopma Unud melanjutkan perjalanan menuju ke pura yang ketiga yaitu Pura Gunung Kawi. Setelah melakukan persembahyangan, rombongan UKM Kopma Unud kemudian kembali menuju parkiran untuk melanjutkan perjalanan berikutnya.

    Pura yang menjadi tujuan terakhir dari Tirta Yatra UKM Kopma Unud adalah Pura Tirta Empul Di Pura Tirta Empul, rombongan UKM Kopma Unud melakukan acara melukat, sebagai simbol pembersihan diri dari segala hal negatif. Kemudian setelah melukat dan berganti pakaian, rombongan UKM Kopma Unud melakukan persembahyangan sebagai penutup kegiatan Tirta Yatra.

    Kegiatan Tirta Yatra ini berjalan dengan lancar sampai akhir. Dengan kegiatan ini diharapkan agar mahasiswa mampu menghayati nilai-nilai sejarah dari objek suci yang dikunjungi (pura). Serta agar pengawas dan pengurus mampu meningkatkan solidaritas antar pengurus dan pengawas UKM Koperasi Mahasiswa Universitas Udayana (MTN/SGT).