Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Prestasi Nasional perlu memfasilitasi usaha-usaha untuk menciptakan mahasiswa unggul yang memiliki keseimbangan antara ketiga kecerdasan tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah memacu pertumbuhan mahasiswa unggul dan berkarakter melalui penyelenggaraan kegiatan kompetisi.  
Seiring dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan program pemerintah, maka pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2020 perlu melibatkan kehadiran teknologi informasi dan komunikasi melalui optimalisasi penggunaan komputer dalam menjaring dan menyaring mahasiswa yang berprestasi unggul, dengan azas kesetaraan mutu PTN dan PTS, serta keterwakilan dalam wilayah untuk mahasiswa dari program sarjana dan program diploma. Pelaksanan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2020 mengalami perubahan dari pelaksanaan di tahun sebelumnya. Proses seleksi di tingkat wilayah dan Nasional diselenggarakan dengan metode dalam jaringan (daring) karena mempertimbangkan kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia.
Setelah melalui proses panjang penjaringan dan menyaring kandidat mahasiswa berprestasi di Universitas Udayana, hari ini (10/09/2020) bertempat di Ruang USCC Lt 4 Gedung Agrokomplek Kampus Unud Denpasar diselenggarakan Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional Tahun 2020 yang dilaksanakan secara daring dari tanggal 10-13 September 2020 dengan finalis 21 peserta untuk program sarjana dan 20 peserta untuk program diploma. Universitas Udayana diwakili oleh I Dewa Made Oka Dharmawan mahasiswa Fakultas Teknik dari program Sarjana.
Selamat berjuang, demi Udayana Unggul, Mandiri dan Berbudaya