Universitas Udayana melalui Biro Kemahasiswaan melakukan Pembekalan Program MBKM Mandiri Bina Desa bertempat di Ruang Nusantara, Kampus Unud Sudirman pada Rabu, 24 Agustus 2022. Pembekalan dibuka oleh Kepala Biro Kemahasiswaan mewakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaa dan diikuti oleh 244 mahasiswa peserta serta 17 dosen pendamping yang lolos seleksi administrasi dan substansi.

MBKM Bina Desa merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran dan meningkatkan kapasitas organisasi mahasiswa dalam ekosistem pemberdayaan masyarakat perdesaaan berbasis produk unggulan desa. Program ini ditujukan bagi organisasi mahasiswa baik ditingkat prodi (BSO), di tingkat fakultas (BEM/DPM) dan di tingkat universitas (BEM/DPM/UKM).
Materi pembekalan meliputi : Konsep Dasar Pemberdayaan Masyakat yang diberikan oleh Dr. I.B. Mardana; Sosiologi Pedesaaan dan Komunikasi Masyarakat oleh Dr. I Made Sarjana; dan Pembuatan Rencana Kerja dan Project Management oleh Dr. Ir. I Ketut Sardiana, M.Si serta pengisian KRS dan pencatatan kegiatan oleh Duman Care Krishna. Pembekalan dipandu oleh moderator Dr. Ketut Arismayanti.

Pembekalan ini merupakan rangkaian dari learning journey yang disusun selama satu semester yang meliputi workshop (pengenalan program dan pembekalan), field project (pelaksanaan dan monitoring) dan report activities (termasuk pelaporan dan publikasi kegiatan).