Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau ONMIPA merupakan lomba tingkat mahasiswa yang mengujikan salah satu mata bidang kimia, fisika, biologi, dan matematika. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan untuk mengapresisasi mahasiswa yang berprestasi di bidang MIPA. Kegiatan ini merupakan tahapan lanjutan atau sesi 2 tingkat Universitas setelah melalui sesi 1 pada seleksi tingkat fakultas di lingkungan Universitas Udayana. 


                Seleksi ONMIPA tingkat Universitas di Universitas Udayana tercatat sebanyak 94 mahasiswa yang lolos seleksi tingkat Fakultas. Sebanyak 29 mahasiswa pada Bidang Matematika, 31 mahasiswa pada Bidang Biologi, 17 mahasiswa pada Bidang Kimia dan 17 mahasiswa pada Bidang Fisika.


                Pelaksanaan seleksi ONMIPA tingkat Universitas dilaksanakan tanggal 8 Maret 2023 di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Universitas Udayana Jimbaran dan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Ngakan Putu Gede Suardana. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Biro Kemahasiswaan beserta jajaran, Ketua dan Sekretaris Pusat Kreativitas dan Prestasi Mahasiswa, Ketua dan Sekretaris Pusat Penalaran dan Kreativitas Mahasiswa serta Wakil Dekan III Fakultas dan Dewan Juri ONMIPA. Dalam arahan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, diharapkan pelaksanaan seleksi ONMIPA tingkat Universitas ini dapat menyeleksi peserta-peserta yang lebih kompetitif untuk bersaing dalam seleksi ONMIPA tingkat Wilayah dan selanjutnya mengikuti ONMIPA tingkat Nasional.