THE BEST VOLUNTEER FOR INDONESIA GOLD 2045

Badung, 15 Oktober 2022 UKM Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Universitas Udayana melaksanakan Hari H kegiatan Pengenalan Calon Anggota Tahun 2022 dengan branding kegiatan Orientasi Calon Anggota (OCA) pukul 09.00 Wita, bertempat di Markas PMI Kabupaen Badung. Kegiatan ini mengangkat tema The Best Volunteer for Indonesia Gold 2045 dengan makna dan tujuan dapat membentuk relawan muda yang memiliki dasar kemanusiaan, berkepribadian sosial dan jiwa solidaritas yang tinggi dalam rangka mempersiapkan Indonesia Emas 2045. Diikuti oleh 51 peserta yang berasal dari mahasiswa aktif Universitas Udayana.

    Hari H OCA dipandu oleh seorang Master of Ceremony bernama Vebyola Alben Kamase serta turut mengundang Badan Eksekutif Mahasiswa Pemerintahan Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa Pemerintahan Mahasiswa, Ketua Umum KSR-PMI se Kabupaten Badung dan Denpasar, Koordinator Forel Badung, Koordinator Forel Provinsi Bali, Pembina UKM KSR-PMI Universitas Udayana, Ketua PMI Kabupaten Badung, Ketua PMI Provinsi Bali, serta Rektor Universitas Udayana yang pada penutupan ini diwakili oleh Koordinator Minat, Penalaran, dan Informasi Kemahasiswaan Universitas Udayana. Kegiatan diawali dengan Pembacaan Doa, menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars PMI. Kemudian dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia, Sambutan Ketua UKM KSR-PMI Universitas Udayana, Sambutan Ketua PMI Kabupaten Badung, Sambutan Ketua PMI Provinsi Bali, dan Sambutan Rektor Universitas Udayana yang diwakili oleh Koordinator Minat, Penalaran, dan Informasi Kemahasiswaan Universitas Udayana I Made Budiastrawan, S.Kom., M.M. sekaligus membuka secara resmi kegiatan Orientasi Calon Anggota (OCA) Tahun 2022.

    Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi dasar Kepalangmerahan oleh Ni Luh Damayanthi yang dipandu oleh seorang Fasilitator bernama Kinanti Arum Sekar Kedaton dari Fakultas Pariwisata Universitas Udayana. Dilanjutkan materi kedua oleh Anak Agung Ngurah Noviarta, S.E. yang membawakan materi Peran Relawan PMI. Acara dilanjutkan dengan Penampilan Yel-yel oleh peserta serta penayangan top 3 best video kreatif perkenalan diri. Diakhir kegiatan dilakukan outbond untuk mempererat tali persaudaraan antar anggota serta penyerahan hadiah dan sertifikat kepada peserta.


    Sebelumnya, kegiatan OCA telah melewati 2 rangkaian yaitu pra OCA yang dilaksanakan pada tanggal 4 September 2022 bertempat di Student Center Lantai 1 Universitas Udayana dengan agenda yaitu perkenalan Badan Pengurus Harian UKM KSR-PMI serta pengenalan kegiatan dan program kerja di UKM KSR-PMI Universitas Udayana. Rangkaian kedua yaitu pengumpulan peserta yang dilaksanakan pada tanggal 25 September 2022 bertempat di Markas PMI Kabupaten Badung dengan agenda yaitu pembagian kelompok dan pemberian tugas peserta sehingga dalam kegiatan OCA Tahun 2022 yang diadakan secara offline ini dilaksanakan dalam 3 rangkaian, dengan 2 rangkaian non formal dan 1 rangkaian formal.