Gunung Abang berlokasi di Desa Abangsongan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Gunung abang memiliki ketingian 2.151 mdpl dan terdapat satu jalur pendakian, yakni melalui Desa Suter dan terdapat tiga pos yang ada di Gunung Abang. Pada pos 1 pendaki disajikan pemandangan kearah kaldera Gunung dan Danau Batur, pos 2 menjadi pos terakhir sebelum summit ke puncak, disini pendaki dapat mendirikan tenda untuk bermalam, pada pos 3 yaitu puncak Gunung Abang terdapat Pura Puncak Tulukbiyu serta pemandangan Danau dan Gunung Batur. 

    Puncak Bukit Trunyan atau juga dikenal dengan sebutan puncak Indrakila berlokasi di Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali memiliki ketinggian sekitar 1.800 mdpl. Untuk menuju puncak Trunyan terdapat dua jalur , jalur pertama adalah melalui jalur pendakian yang ada di Desa Trunyan dan jalur kedua adalah jalur pendakian yang berada di Desa Kubu, Tianyar Karangasem Bali.


Perjalanan menuju Puncak Trunyan

    Pada tanggal 19 – 21 Januari 2023 Calon Anggota didampingi oleh Instruktur dan pendamping Instruktur melakukan pendakian di Gunung Abang, Desa Abangsongan dan Bukit Trunyan, Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali yang dilaksanakan selama tiga hari dua malam, sebagai rangkaian kegiatan Mini tryout Divisi Hutan Gunung Mahasiswa Pecinta Alam “Wanaprastha Dharma” Universitas Udayana.


Foto bersama sebelum keberangkatan

    Mini tryout merupakan serangkaian kegiatan Pelatihan Tingkat Dasar Angakatn XL Mahasiswa Pecinta Alam “Wanaprastha Dharma” Universitas Udayana. Adapun kegiatan yang Calon Anggota lakukan adalah praktik Navigasi Darat yaitu Resection dan Intersection serta melakukan pendataan Flora dan Fauna disepanjang jalur Gunung Abang dan Bukit Trunyan. Pendakian dilakukan dengan tujuan agar Calon Anggota dapat mengembangkan potensi diri terkait kegiatan di Divisi Hutan Gunung. 


Calon anggota melakukan praktik Navigasi Darat

    Tim Divisi Hutan Gunung melakukan pendakian melalui jalur Gunung Abang dan turun melalui jalur Bukit Trunyan karena kedua jalur ini terhubung satu sama lainnya. Medan pada jalur pendakian cukup bervariasi, dengan jalanan yang bertanah dan berbatu. Jalur pendakian Gunung Abang cukup jelas namun, pada Pos 1 Gunung Abang cukup berbahaya karena letaknya persis di tepi jurang. 


Pos 2 Gunung Abang

    Pos 2 Gunung Abang berada di ketinggitan sekitar 1.800 mdpl berupa dataran yang cukup luas dan aman, lokasi ini cocok digunakan untuk mendirikan tenda jika ingin bermalam, pemandangan pada pos ini juga cukup bagus. Puncak Gunung Abang memiliki ketinggitan 2.151 mdpl, pada jalur pendakian menuju puncak banyak ditemukan akar-akar pohon yang melintang dan jalurnya sedikit curam serta berbatuan sehingga harus berhati-hati saat melakukan pendakian. Jalur pendakian dari Gunung Abang menuju Bukit Trunyan terbilang curam, namun pada jalur tersebut telah dipasangkan tali pengaman sehingga memudahkan pendaki untuk berkegiatan, pemandangan pada Bukit Trunyan juga sangat menarik karena pada jalur ini kita lebih banyak melintasi sabana atau padang rumput. Kita dapat melihat Gunung dan Danau batur di sisi utara dan Gunung Agung disisi Selatan.