Organisasi Kemahasiswaan merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangakan kapasitas kemahasiswaannya berupa aspirasi, inisiasi, atau gagasan-gagasan positif dan kreatif melalui kegiatan yang relevan dengan tujuan pendidikan nasional serta visi dan misi lembaga. ORMAWA merupakan perpanjangan tangan lembaga pendidikan dalam hal berkegiatan, publikasi dan informasi, dan raihan prestasi. Universitas Udayana melalui Biro Kemahasiswaan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi Kemahasiswaan (SINMAWA), acara diselenggarakan secara luring di Ruang Aula Lantai 3 Gedung Pasca Sarjana Kampus Unud Denpasar yang diikuti oleh Para Wakil Dekan III dan ORMAWA di Lingkungan Universitas Udayana.

Ka. Biro Kemahasiswaan Drs. I Ketut Kartika turut hadir pada kesempatan ini dalam sambutannya di dimana dari sekian banyak kegiatan yang ada di kemahasiswaan akan tetapi minim informasi dan publikasi di Sinmawa. Segala bentuk informasi wajib diupload dan jangan sampai tercecer. Ormawa diharapkan menginformasikan kegiatannya agar tercapainya target publikasi dan informasi universitas. Pengajuan ijin kegiatan dari masing-masing ormawa sudah tercantum poin bahwa kegiatan ormawa wajib diupload pada sinmawa, ucapnya.

Unit Sumber Daya Informasi (USDI) Univeristas Udayana sebagai narasumber bahwa tujuan pengaplikasian SINMAWA ini adalah untuk mengetahui keaktifan mahasiswa yang tergabung dalam ORMAWA. Melalui SINMAWA dapat diketahui eksistensi organisasi, termasuk adanya kegiatan yang menunjang prestasi bidang kemahasiswaan.
Narasumber mengharapkan melalui sosialisasi ini sekiranya dapat meningkatkan keaktifan ORMAWA dalam mengimplimentasikan kegiatannya pada SINMAWA sehingga setiap organisasi mempunyai laporan digital organisasinya dan kemajuan Lembaga Pendidikan sebagai bentuk daya saing global.