Universitas Udayana melalui Biro Kemahasiswaan menyelenggarakan Sosialisasi Simponi Padi Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Organisasi Internal Program Studi (Simponi Padi), Rabu (31/08/2021) bertempat di Aula Pasca Sarjana Lt 3 Kampus Universitas Udayana Denpasar. Hadir pada kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. NPG. Suardana, Kepala Biro Kemahasiswaan Drs. I Ketut Kartika, Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi fakultas, Narasumber I Made Arsa Suyadnya, ST,M.Eng dan staf, Drs. I Wayan Santiyasa selaku Moderator, Para Operator dan Verifikator Fakultas, BEM dan DPM Universitas, BEM dan DPM Fakultas serta jajaran Biro Kemahasiswaan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan sekaligus membuka acara dalam sambutannya menyampaikan tingkat pemeringkatan bidang Kemahasiswaan sangat ditentukan oleh prestasi yang diraih oleh mahasiswa di Fakultas. Simponi Padi secara umum dimiliki oleh prodi, semua komponen prodi terakomodir pada sistem, salah satunya fitur prestasi bidang kemahasiswaan. Melalui sosialisasi ini diharapkan kinerja Bidang Kemahasiswaan di tahun 2022 menjadi meningkat.

Pemeringkatan sebagaimana yang diketahui memiliki beberapa kriteria yang terkait dengan raihan prestasi mahasiswa. Prestasi yang telah diraih ini harus direkam dan dimasukkan ke dalam Simponi Padi. Penilaian bidang prestasi yang dikeluarkan oleh Puspresnas bernilai 40% dan prestasi Mandiri 20% yang tentunya sangat mempengaruhi peringkat bidang kemahasiswaan pada perguruan tinggi. Pada IKU, prestasi dan MBKM bernilai 20% ditarget oleh Kementerian, misalnya jumlah 25 ribu jumlah mahasiswa sehingga 5 ribu mahasiswa wajib dipenuhi oleh perguruan tinggi. Prestasi yang terupload ke dalam Simponi Padi akan di verifikasi dan di validasi oleh tim untuk keperluan pemberian reward tahunan dengan data dukung yang lengkap, sembarang input tidak akan di rekognisi dikti, ucapnya.

I Made Arsa Suyadnya, ST,M.Eng dalam pemaparannya menjelaskan secara detail fitur-fitur yang terdapat di Simponi Padi, apa dan bagaimana seharusnya para operator dalam penginputan data pada sistem, role untuk verifikator tingkat fakultas dan validasi final di tingkat universitas.