Pemilihan Raya Mahasiswa (PEMIRA) merupakan sebuah mekanisme demokrasi kampus yang diselenggarakan di berbagai perguruan tinggi, termasuk di Universitas Udayana. Jimbaran (1/11/2022) bertempat di Ruang Rapat USDI Jimbaran melalui Biro Kemahasiswaan yang dimediasi oleh Unit Pengembangan Ormawa (UPO) dan USDI sebagai developer sistem PEMIRA mengadakan rapat koordinasi persiapan PEMIRA mahasiswa tahun 2022

Acara dibuka oleh Koordinator Minat, Penalaran, dan Infromasi Kemahasiswaan I Made Budiastrawan, bahwa PEMIRA akan dilakukan secara online dan diawali dengan pengenalan peserta rapat diantaranya Ketua dan Sekretaris UPO, Sub-Koordinator Fasilitas dan Informasi Kemahasiswaan dan staf, Ketua KPRM Mahasiswa dan jajaran.

Ketua UPO I Wayan Santiyasa dalam paparannya di mana kegiatan PEMIRA disiapkan sistem dari USDI diantaranya pemanfaatan sistem semaksimal mungkin sehingga KPRM bisa menggunakan secara maksimal. Pemilu raya menjadi bagian dari data untuk mendukung indikator salah satunya keaktifan mahasiswa secara online sebagai sarana proses pemilihan untuk meminimalisir kendala-kendala yang dihadapi. Pihak USDI agar dibantu menyelesaikan sistem secara baik, mulai dari proses perjalanan PEMIRA agar sesuai ekspektasi sehingga Pindai terisi dengan baik dan bertanda hijau (secara minimal 30% mahasiswa aktif). Evaluasi PEMIRA atas kelebihan dan kekurangan kegiatan, ucapnya.

Ketua KPRM PEMIRA Universitas Udayana Ali, menyampaikan beberapa hal mengevaluasi pelaksanaan PEMIRA ditahun-tahun sebelumnya karena bersamaan dengan proses penginputan UKT dan lainnya termasuk penambahan beberapa fitur yang dianggap penting demi kelancaran proses PEMIRA nanti. Menurut Ali, evaluasi total suara agar transparan, penambahan fitur baru per fakultas dan per prodi. Proses pemilihan berwaktu kerja bukan 24 jam atau pemilihan selama 3 hari atau jam kerja dari pukul 08.00 WITA sampai dengan jam 16.00 WITA.

Narasumber USDI yang diwakili oleh I Made Widiarta dalam paparannya akan mengadopsi semua kebutuhan PEMIRA semaksimal mungkin jika dianggap perlu. Pengalaman server down sudah dilakukan evaluasi karena beban puncak sistem lain pada IMISSU dan sudah dilakukan pembenahan sehingga downtime maksimal. Sebelum kegiatan PEMIRA dilangsungkan agar dilakukan tahap uji coba riil dari user untuk kemananan dan kelancaran sistem. Dan untuk output hasil PEMIRA bisa di download oleh admin sesuai keperluan, kilahnya.