Terumbu karang merupakan ekosistem penting yang menghadapi berbagai ancaman. Setelah monitoring 1, monitoring ke-2 dilakukan untuk mengevaluasi perubahan dan efek dari tindakan monitoring yang telah dilakukan sebelumnya. Tahap ini melibatkan analisis data terhadap monitoring yang dilakukan sebelumnya, penilaian kesehatan terumbu karang, membersihkan dome terumbu karang, dan keanekaragaman hayati. Pemantauan kali ini bertujuan memastikan terumbu karang tetap terlindungi dan dapat pulih dari kerusakan yang ada.

Pada hari Jumat, 31 Mei 2024, anggota penyelam Mapala “WD” Unud melaksanakan monitoring terumbu karang buatan ke-2 di Amed Ghost Bay, Karangasem, Bali. Para penyelam memeriksa struktur dan alga dari karang-karang yang telah ditanam, membersihkan dome dari kotoran, dan memonitoring keanekaragaman hayati. Setelah itu, terumbu karang didokumentasi menggunakan action cam (GoPro) untuk dilihat perkembangannya di monitoring selanjutnya.



Selain melakukan monitoring, anggota Mapala “WD” Unud kembali melakukan sosialisasi berupa kegiatan mengajar kepada siswa-siswi tentang pentingnya perubahan iklim dan pentingnya air bagi kehidupan manusia di SDN 1 Purwa Kerthi.



Melalui Marine Conservation Project, Mapala “WD” Unud berharap dapat menciptakan lebih banyak ekosistem terumbu karang dan menumbuhkan rasa peduli masyarakat terhadap terumbu karang dan kelestarian alam. Tidak lupa, Mapala “WD” Unud mengucapkan terima kasih kepada setiap pihak yang telah membantu dalam menyukseskan kegiatan ini.