Sebagai bagian dari program kerja Mapala “WD” Unud, Marine Conservation Project berupa pelestarian hutan mangrove, tim kami melakukan monitoring kedua untuk mengevaluasi perkembangan dan efektivitas upaya konservasi yang telah dilakukan, serta menanam bibit bakau baru. Monitoring ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan positif maupun tantangan yang dihadapi serta melestarikan hutan mangrove di wilayah ini.



Pada hari Jumat, 31 Mei 2024, Mapala “WD” Unud melaksanakan monitoring mangrove yang ke-2 kalinya di Ekowisata Mangrove Segara Guna Batu Lumbang. Tim monitoring memeriksa tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah pucuk, dan kondisi tanaman dari mangrove yang telah ditanam oleh anggota Mapala “WD” Unud sebelumnya. Pada monitoring ini, ditemukan bahwa dari 84 mangrove yang masih hidup pada monitoring 1, ditemukan bahwa 53 di antaranya masih hidup dan 31 lainnya sudah mati atau tidak diketahui. Selain itu ,dalam monitoring ke-2 ini anggota menanam bibit baru sebanyak 50 buah.



Melalui Marine Conservation Project, Mapala "WD" Unud berharap dapat menciptakan lebih banyak ekosistem mangrove dan menumbuhkan rasa peduli masyarakat sekitar terhadap ekosistem mangrove dan kelestarian alam. Tidak lupa, Mapala "WD" Unud mengucapkan terima kasih banyak kepada “Joger” selaku pihak sponsor dalam program ini, dan setiap pihak yang telah membantu dalam menyukseskan kegiatan ini.