LKMM & Soft Skill adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menambah dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan dalam mengelola organisasi mahasiswa, baik intra maupun antar perguruan tinggi. Kegiatan ini juga memiliki esensi dalam menciptakan kaderisasi kepemimpinan bagi mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian. Tema yang diangkat tahun ini adalah “Melukis Kepemimpinan yang Bercahaya: Kredibilitas Sebagai Palet Utama”

Setiap mahasiswa FTP angkatan 2023 di wajibkan untuk mengikuti semua alur kegiatan LKMM & Soft Skill FTP karena ini merupakan prasyarat untuk kelulusan mahasiswa FTP. Selain itu, partisipasi dan mengikuti kegiatan LKMM dan SoftSkill ini juga mendapatkan beberapa manfaat, seperti:

1. Kepemimpinan: Mahasiswa mempunyai kemampuan untuk memimpin dan bekerja dalam tim (dipimpin).

2. Tanggung Jawab: Mahasiswa berupaya untuk mandiri dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri serta orang lain.

3. Etika berkomunikasi: Mahasiswa memiliki etika bagaimana berkomunikasi dengan sopan dan efektif.

4. Kompetitif: Mahasiswa memiliki semangat yang tinggi untuk mencapai prestasi dan bersaing secara sehat.

5. Kritis: Mahasiswa akan dilatih untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang muncul di sekitarnya.

Pada setiap rangkaian acara hari-h LKMM dan Soft Skill FTP 2024 diisi dengan kegiatan-kegiatan yang tentunya seru dan meriah seperti dilaksanakannya moodbooster dan juga diisi oleh pembicara-pembicara yang pastinya dapat menambah dan mengembangkan wawasan dan pengetahuan pada mahasiswa FTP. 

Pada kegiatan hari pertama LKMM & Soft Skill diisi oleh Kak David Christoper Tjandra sebagai pembicara yang memaparkan materi yang bertema “ Growth Mindset VS Fixed Mindset to Build Critical and Creative Thinking”. Materi yang disampaikan oleh Kak David menjelaskan betapa pentingnya peran pola pikir dalam menjalani dinamika kehidupan dewasa. Kak David juga menjelaskan pengetahuan mengenai pola pikir memberikan landasan bagi mahasiswa untuk belajar mengatasi ketidakpastian, menerima perbedaan, dan mengembangkan resiliensi dalam menghadapi situasi yang kompleks ketika bertumbuh dewasa. 

Pada hari pertama LKMM & Soft Skill, di sesi kedua diisi oleh Kak Ricardo Constantio Elim sebagai pembicara yang memaparkan materi dengan tema “Problem Solving and Decision Making”. Materi di sesi kedua yang disampaikan oleh Kak Ricardo ini menjelaskan tentang pengambilan keputusan dan kemampuan pemecahan masalah adalah dua keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap individu.

Di hari pertama LKMM & Soft Skill juga diisi dengan kegiatan Small Group Discussion (SGD) dimana peserta LKMM & Soft Skill dibagi menjadi beberapa kelompok dan pada sesi ini akan dibagikan Mosi SGD. Pada Kegiatan SGD ini setiap peserta wajib untuk menyampaikan pendapatnya mengenai Mosi tersebut.

Hari kedua LKMM & Soft Skill tidak kalah menarik juga dari hari pertama. Pada hari kedua diisi oleh Kak Cesa Satrya Nugraha. Kak Cesa membawakan materi yang bertema “Public Speaking and Rhetorical Skills”. Di hari kedua juga telah menampilkan Presentasi dari masing - masing kelompok yang membuat kegiatan semakin seru. Dan yang paling menarik dan paling ditunggu – tunggu di hari kedua adalah adanya pengumuman King & Queen LKMM & Soft Skill FTP 2024, dimana King & Queen adalah mahasiswa yang paling aktif pada setiap rangkaian acara LKMM & Soft Skill.


Selanjutnya, pada hari ketiga yang dimana hari terakhir dari kegiatan LKMM & Soft Skill. Pada hari ketiga banyak sekali kegiatan-kegiatan yang menarik. Pada hari ketiga, menampilkan yel – yel dari beberapa kelompok yang membuat kegiatan menjadi lebih meriah. Pada hari ketiga, juga telah menayangkan Agritech Got Talent dari peserta LKMM & Soft Skill FTP 2024 yang nantinya akan ada peserta yang berhasil menjadi peserta terbaik yang memenangkan Agritech Got Talent ini. Di hari ketiga ini juga akan diumumkan penampilan kelompok drama terbaik yang akan ditampilkan diatas panggung. Adanya Orasi King & Queen yang menampilkan sebuah penampilan yang sangat memukau. Di hari ketiga juga telah mengumumkan beberapa apresiasi dan memberikan sertifikat serta kenang – kenangan kepada peserta LKMM & Soft Skill FTP 2024. Para peserta LKMM & Soft Skill FTP 2024 di akhir acara juga memberikan pesan dan kesan terhadap setiap alur kegiatan yang sudah berhasil dilaksanakan.