(Selasa,29/11) Pagi itu merupakan pagi yang penuh rasa bahagia sekaligus mengharukan bagi Mahasiswa Kedokteran Hewan yang mengikuti pelantikan dan penyumpahan Dokter Hewan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Perjuangan yang telah dilewati selama kurang lebih enam tahun telah terbayarkan tepat hari ini, di mana mereka resmi menyambangi gelar dokter hewan muda yang siap memberikan kontribusi untuk bangsa. Pelantikan dan penyumpahan dokter hewan yang sudah memasuki periode ke 89 ini dilaksanakan di Rama Sita Room, Inna Grand Bali Beach Sanur.Pukul 09.00 WITA diawali

dengan pembukaan, kemudian sebanyak 89 peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmat mengingat telah tiba waktunya untuk memberikan kontribusi nyata untuk Negara ini sebagai Dokter Hewan, kemudian rangkaian acara dilanjutkan dengan pembacaan biodata dokter hewan dan pelantikan dan penyumpahan dokter hewan. Rentetan kegiatan dalam acara ini dilalui oleh peserta penyandang gelar Dokter Hewan dengan khidmat.

Peserta yang mengikuti penyumpahan dan pelantikan dokter hewan berjumlah 89 dari angkatan 2009 sampai angkatan 2011 dengan rata-rata IPK mencapai 3,63. Patut berbangga dan berbahagia, pasalnya banyak dokter hewan muda yang baru saja dilantik dan disumpah ini menyabet gelar yang sangat membanggakan, diantaranya 20 orang dengan predikat memuaskan, 47 orang memboyong predikat Sangat memuaskan , dan predikat pujian disabet oleh 14 orang.

Setiap periodenya, Pelantikan dan Penyumpahan Dokter Hewan ini memberikan predikat-predikat pada luusan yang dianggap istimewa. Adalah drh.I Putu Wira Adi Wibawa,SKH mampu menyabet gelar dokter hewan dengan IPK tertinggi,sedangkan lulusan tercepat diberikan kepada drh.Lesiaman Silabang, SKH ,serta Lulusan termuda diberikan kepada drh.Putu Bulan Sasmita dewi,SKH.

Genap sudah sebanyak 2036 mahasiswa lulusan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana yang telah dilantik dan siap terjun mengahadapi kehidupan lapangan. Jauh dari itu semua, dalam sambutannya Dekan FKH Universitas Udayana menyampaikan nasihat dan kabar gembira bagi para Dokter Hewan Muda. Pasalnya Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang sudah siap membuka peluang untuk mempekerjakan lulusan-lulusan tersebut. Tentunya peluang para dokter hewan muda memasuki dunia pekerjaan khususnya perusahaan terbuka lebar.

“Tetap gali potensi yang dimiliki untuk siap berkompetisi di Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) bahkan dikancah dunia.” Ujar Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Dr.drh.I Nyoman Adi Suratma,MP .

Selamat bagi para Dokter Hewan Muda, semangat mengatasi tantangan dalam memberikan kontribusi untuk bangsa. Kesuksesan itu tidak diukur dari posisi yang sudah diraih melainkan dari hambatan dan kesulitan yang berhasil dilewati. Salam Vetro! Viva Veteriner! (Mega)