Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kegiatan kompetisi tahunan mahasiswa dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. KRI pertama kali diselenggarakan pada tahun 2003 di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu. KRI dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa pada perguruan tinggi di wilayah Republik Indonesia, dari berbagai K/L atau kedinasan, yang tercatat pada Pangkalan Data Pendidikan TInggi.
Kontes Robot Indonesia mempertandingkan 6 (enam) divisi, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI); Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda; Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid; Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). 
    Pada tahun 2022 Team Robot Udayana dari UKM ROBOTEC Mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) dalam kategori Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) yang diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)  pada Seleksi Tingkt Wilayah II Team Robot berasil meraih Pringkat ke 11 yang berlangsung pada 11-13 juni 2022. Pada Seleksi tingkat Nasional Team Robot Udayana harus berpuas dengan  pringkat 8 nasional setelah disingkirkan oleh Team Robot dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). sejauh ini Team robot Udayana menunjukan perkembangan yang sangat Signifikan pada tahun sebelumnya pada KRI 2021 Team Robot Udayana masih berada di posisi 20 Nasional dan pada  tahun ini Team robot udayana berasil naik pringkat ke posisi 8 Nasional semoga di tahun berikutnya pada KRI 2023 nanti Team Robot udayana semakin berkembang dan meraih juara pada KRI 2023