Kursus Pengelolaan Dewan Kerja atau yang disebut KPDK merupakan salah satu kegiatan yang dimaksudkan untuk menghasilkan anggota Dewan Kerja yang mampu merencanakan, mengevaluasi, melaksanakan, dan menyusun kebijakan organisasi, program, dan kegiatan yang relevan. KPDK merupakan program yang dilaksanakan setiap 1 tahun sekali oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Racana Udayana – Mahendradatta Universitas Udayana, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan, ketrampilan Leadership serta manajerial bagi pengurus dan juga anggota. Pada tahun ini kegiatan KPDK dilaksanakan pada Kamis, 22 Februari 2024 yang berlokasi di Ruang Sidang Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Universitas Udayana. Kegiatan diawali dengan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Pramuka, dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Pembina yaitu Kak Ni Luh Nyoman Seri Malini yang sekaligus membuka acara KPDK Tahun 2024. 


        Adapun beberapa narasumber yang dihadirkan oleh panitia dalam kegiatan KPDK ini antara lain, pada sesi pertama diisi oleh Kak Ni Luh Nyoman Seri Malini dimana Kak Seri membawakan materi Pembinaan dan Pengembangan Gugus Depan Yang Berpangkalan di Kampus Perguruan Tinggi. Dilanjutkan pada sesi kedua materi dibawakan oleh Kak I Komang Wahya Diatmykha dengan materi Teori Kepemimpinan, Struktur Organisasi, dan Pengelolaan Prganisasi. Pada sesi ketiga materi dibawakan oleh Kak Intan Ayu Wandira dengan materi Administrasi Dewan Kerja, dan sesi keempat diisi oleh Kak Dian Merta Sari dengan materi Pengelolaan Keuangan. 


            Selain menerima pemaparan materi dari narasumber, juga ada kegiatan Upgrading yang bertujuan untuk mengenal satu sama lain serta berbagi harapan dan juga aspirasi dari Pemangku Adat, Dewan Inti, dan Lima Bidang yang akan mengemban tugas di periode 2024. Dan diakhir ditutup dengan sesi games yang sangat menarik dan sangat mengasah kemampuan para anggota.