Om Swastyastu🙏
Om Ano Bhadrah Kratavo Yantu Visvatah - Yajur Veda XXV. 14
(Semoga pikiran yang baik datang dari segala penjuru)

Apa kabar semeton? Akhirnya yang ditunggu-tunggu telah tiba. Yap, kali ini kami dari Bidang Advokasi hadir dengan kajian kami yang berjudul "Transisi Budaya Bali di Masa Pandemi"

Seperti kita ketahui, Pandemi Covid-19 yang saat ini telah melanda seluruh negara di dunia telah melumpuhkan nyaris seluruh aspek kehidupan masyarakat, tak terkecuali masyarakat Bali. Tak hanya industri Pariwisata yang mengalami keterpurukan, tampaknya sektor tradisi dan budaya pun mengalami hal serupa, Banyak tradisi yang akhirnya mengalami transisi atau pergeseran dalam pelaksanaannya, beberapa bahkan dilarang untuk dilaksanakan. Lantas, bagaimana perspektif pakar budaya, pakar kesehatan dan pemerintah memandang hal ini? Dalam kajian kali ini, kami berusaha mengupas tuntas mengenai transisi budaya Bali di masa pandemi sekaligus solusi dan rekomendasi dari kami yang kami tujukan kepada pihak-pihak terkait agar permasalahan antara pelaksanaan budaya di tengah gempuran pandemi Covid-19 menemukan jalan tengahnya.

Semoga kajian ini mampu menjawab permasalahan yang tengah kita hadapi bersama di masa pandemi ini khususnya dilema antara kesehatan masyarakat dan keberlangsungan kebudayaan itu sendiri. 

Om Shanti, Shanti, Shanti Om🙏
Satyam Eva Jayate ! 
FPMHD-Unud
Kajian 2