Jimbaran (6/2/23), Universitas Udayana melalui Biro Kemahasiswaan selenggarakan Rapat Kerja Bidang Kemahasiswaan dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Ngakan Putu Gede Suardana. Kegiatan ini menghadirkan tiga orang narasumber yaitu Drs. I Wayan Santiasa sekaligus sebagai Ketua Pusat Prestasi dan Kreativitas Mahasiswa dengan paparan materi "Program Kegiatan Berbasis Pada Capaian Prestasi nan IKU di Bidang Kemahasiswaan", Dr. I Ketut Sardiana skaligus sebagai Koordinator MBKM dengan materi "Sosialisasi Pelaksanaan Program MBKM", Dr. Dewa Gede Wiryangga Selangga sekaligus sebagai Ketua Unit Pengembangan Minat Bakat dan Ormawa dengan pemaparan materi "Optimalisasi pola pembinaan ormawa sebagai wahana pengembangan karakter mahasiswa sebagai insan unggul, berwawasan kebangsaan, dan berjiwa sosial" yang dipandu oleh Ni Nyoman Clara Listya Dewi (Sekretaris Pengembangan Minat Bakat dan Ormawa) sebagai moderator. Pada kesempatan ini hadir pula Kepala Biro Kemahasiswaan Drs. I Ketut Kartika, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi; Ketua dan Sekretaris Pusat Prestasi dan Kreativitas Mahasiswa; Ketua dan Sekretaris Unit Pengembangan dan Pelayanan Kegiatan Kemahasiswaan; Para Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa di Tingkat Universitas; Koordinator Minat, Penalaran dan Informasi Kemahasiswaan; Koordinator Kesejahteraan Mahasiswa; Sub Koordinator Minat dan Penalaran; Sub Koordinator Fasilitas dan Informasi Kemahasiswaan; Sub Koordinator Pelayanan Mahasiswa; Sub Koordinator Pendidikan dan Pembinaan Karir Mahasiswa; Staf Biro Kemahasiswaan, Ketua dan Bendahara Organisasi Kemahasiswaan di Tingkat Universitas dan Para Ketua DPM dan BEM Fakultas.

I Made Budiastrawan sebagai Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan, bahawa kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait dengan rencana kerja dari seluruh komponen di bidang kemahasiswaan agar menjadi satu arah yakni mendukung tercapainya pemenuhan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi, sehingga pola pembinaan ormawa yang merupakan wadah pengembangan diri dan aktualisasi mahasiswa dapat lebih dioptimalkan kembali agar searah dengan tujuan pergguruan tinggi. Diharapkan melalui forum ini dapat menjadi sarana komunikasi dan diskusi antara ormawa dengan rektorat dalam hal ini Biro Kemahasiswaan, sehingga segala program kerja yang telah di direncanakan oleh ormawa dapat berjalan dengan lancar. "Kami di Biro Kemahasiswaan sebisa mungkin akan memfasilitasi pelaksaan kegiatan ormawa yang telah diprogramkan, baik itu dari segi perijinan kegiatan, dispensansi, pendampingan, dan pendanaan kegiatan" ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dalam dalam sambutanya di mana kegiatan ini sangatlah penting untuk penyamaan persepsi antara ormawa dengan pihak kemahasiswaan rektorat agar apa yang sudah di programkan di tahun 2023 ini selaras dengan visi misi Unud ke depan, selaras dengan target-target kinerja Unud yang ditargetkan oleh kementerian. Maka dari itu inilah yang harus disamakan persepsi dan draf langkah kita untuk mencapai itu semuanya. Apapun yang ditargetkan, sangatlah berpengaruh dengan kemajuan dan perangkingan Universitas Udayana. "Target di kemahasiswaan adalah IKU 1 berupa Tracer Study yang di dalamnya terdapat seperti berapa lulusan yang sudah berwirausaha, berapa lulusan yang melajutkan studi, berapa lulusan yang mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan dengan gaji 1,2 x UMP. Selain itu juga ada IKU 2 yaitu prestasi dan MBKM yang di dalamnya terdapat berapa kuota mahasiswa berprestasi, dan berapa kuota mahasiswa melaksanakan kegiatan 20 SKS di luar kampus, nah inilah yang harus ditingkatkan di tahun 2023" ucapnya.