HARDIKNAS atau Hari Pendidikan Nasional biasanya identik dengan berlangsung nya upacara bendara untuk memperingati hari besar tersebut. Namun, lain hal nya dengan BEM FISIP Universitas Udayana yang memilih merayakannya dengan cara yang berbeda. Kali ini BEM FISIP kususnya Departemen Bidang Pendidkan dan dibantu oleh segenap panitia berhasil menyelenggarakan lomba – lomba untuk anak – anak SMA/ SMK/ sederajat baik lomba se-Indonesia maupun lomba se-Bali. Adapun tema yang dipilih untuk tahun ini yaitu “Membentuk Kreativitas dan Inovasi Generasi Muda dalam Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Pendidikan”. Seperti yang kita tahu, di zaman globalisasi seperti ini dibutuhkan kreativitas dan inovasi agar dapat bersaing dengan dunia luar. Melalui kegiatan ini lah diharapkan dapat menumbuhkan semangat bagi remaja Indonesia dalam melanjutkan pembangunan khususnya bidang pendidikan dengan berbagai inovasi yang mereka punya. Menurut ketua panitia I Kadek Unggara Putra Mursidi diharapkan dengan adanya HARDIKNAS 2018 ini para generasi muda dapat mengembangkan bakat mereka dengan hadirnya lomba – lomba ini serta dapat membangun Indonesia di bidang pendidikan. Selain itu pula melalui kegiatan ini diharapkan dapat lebih mengenalkan bahwa FISIP Universitas Udayana merupakan salah stau tempat menimba ilmu yang harus diperhitungkan.

Adapun acara HARDIKNAS 2018 ini dilakukan selama 2 hari mulai dari tanggal 5 – 6 Mei 2018. Dimana pada tanggal 5 sampai tanggal 6 Mei diselenggarakan lomba Debat Se-Bali. Dan juga diselenggarakan lomba menulis Esai Se-Indonesia yang esai nya dikirim melalui email kepada panitia paling lambat saat tanggal 30 April 2018. Kedua lomba tersebut diumumkan pemenang nya saat “Malam Puncak” yaitu pada tanggal 6 Mei 2018 di Aula Student Centre Universitas Udayana. Pada malam puncak ini diisi oleh berbagai hiburan dari anak – anak FISIP UNUD dan satu pengisi acara dari SMAN 2 Kuta. Diharapkan melalui malam puncak ini juga para generasi muda dapat menyalurkan bakat – bakat mereka baik di bidang pendidikan akademis maupun non akademis untuk Indonesia yang lebih maju. 

Acara HARDIKNAS 2018 ini sangat berjalan lancar dan mendapatkan antusias yang sangat baik dari seluruh komponen. Kami berharap kegiatan HARDIKNAS ini dapat terus dilakukan secara rutin untuk dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi para generasi muda dalam menghadapi era globalisasi khusunya di bidang pendidikan berkelanjutan.