Pada bulan Mei 2017 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melaksanakan program kerja tahunannya yaitu Hardiknas FISIP 2017. Kegiatan ini merupakan bentuk dari apresiasi mahasiswa FISIP dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional. Kegiatan ini mengusung tema ”Optimalisasi Bonus Demografi dengan Membentuk Generasi Muda yang Kreatif dan Inovatif” yang memiliki tujuan dalam meningkatkan kreatifitas dan inovasi generasi muda untuk mempersiapkan diri dalam bonus demografi mendatang. Dalam kegiatan ini Hardiknas FISIP 2017 mengambil target siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA). Dimana pada saat itu menjadi masa generasi muda mulai menentukan tujuannya, terlebih untuk Indonesia kedepannya. Bentuk apresiasi ini, disuguhkan dengan berbagai macam lomba yang berkaitan dengan pendidikan di Indonesia. Mulai dari lomba karya tulis, esai, debat, hingga berbau seni yakni musikalisasi puisi.

        Rangkaian lomba dimulai dari tanggal 6 Mei 2017 yang mana para peserta berkumpul pada pukul 08.00 wita. Kegiatan ini diawali dengan acara pembuka yang berisi sambutan dari ketua panitia (I Gusti Ayu Diah Pramesti), Gubernur BEM FISIP Universitas Udayana (Anang Putra Setiyawan, serta Wakil Dekan III (Dr. Piers Andreas Noak, SH., M.Si). Kemudian dilanjutkan dengan lomba debat sesi penyisihan. Pada tanggal 7 Mei 2017 dilanjutkan dengan babak semifinal, final dan grandfinal debat. Kemudian diakhiri dengan penyerahan hadiah secara simbolis.

          Pada tanggal 13 Mei 2017 dilanjutkan dengan acara presentasi dari 8 (delapan) finalis lomba karya tulis ilmiah yang diikuti oleh dua tim peserta dari wilayah Bali dan enam peserta dari luar wilayah Bali yang meliputi Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Selanjutnya, pada tanggal 14 Mei 2017 dilanjutkan dengan acara lomba musikalisasi puisi yang bertempat di Ruang Nusantara Gedung Agrokomplek Lt.4 Universitas Udayana. Pada waktu yang bersamaan juga diadakan acara field trip untuk 8 (delapan) finalis lomba karya tulis ilmiah. Setelah acara musikalisasi puisi dan field trip dari 8 (delapan) finalis lomba karya tulis ilmiah selesai.

        Kemudian pada pukul 18.00 wita dilanjutkan dengan acara malam puncak yang diawal dengan sambutan dari ketua panitia, Gubernur BEM FISIP Universitas Udayana yang diwakili oleh Wakil Gubernur BEM FISIP Universitas Udayana (Begawan Raka Dewata) dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana yang di wakili oleh Wakil Dekan I (Tedi Erviantono, SIP., M.Si). Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman masing-masing pemenang lomba. Untuk kategori lomba esai, juara 1 diraih oleh Putu Dea Indah Kartini (SMA Negeri Bali Mandara), juara 2 diraih oleh I Kadek Juni Saputra (SMA Negeri Bali Mandara), dan juara 3 diraih oleh I Gede Guntur Saputra. Untuk kategori debat, juara 1 diraih oleh SMA Negeri 1 Gianyar team B, juara 2 diraih oleh SMA Negeri 2 Semarapura team A, dan juara 3 diraih oleh SMA Negeri 4 Denpasar team A. Kemudian masih di kategori yang sama, untuk best speaker 1 diraih oleh Pande Made Ratih Kusuma D. (SMA K Harapan team A), best speaker 2 diraih oleh Ni Md. Alvionita Frencia A. (SMA K Harapan team A), best speaker 3 diraih oleh Rey Abraham Saerang (SMA Negeri 4 Denpasar team A). Untuk kategori lkti, juara 1 diraih oleh SMA Negeri Bulukumba, juara 2 diraih oleh SMA Negeri 2 Model-Medan, juara 3 diraih oleh SMA Negeri 1 Glagah-Banyuwangi, juara harapan 1 diraih oleh SMA Negeri 3 Denpasar, juara harapan 2 diraih oleh SMK Nuris Jember, juara harapan 3 diraih oleh Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik, dan best presentation diraih oleh SMA Negeri 7 Bulukumba. Acara pun diakhiri dengan pengumuman juara untuk kategori lomba musikalisasi puisi, juara 1 diraih oleh Teater La Nina, juara 2 diraih oleh Yayasan Pendidikan Griya Raba, juara 3 diraih oleh Teater Angin (SMA Negeri 1 Denpasar), dan juara favorit diraih oleh Teater Blabar (SMA Negeri 4 Denpasar).