GARDA yang merupakan singkatan dari Gerakan Apresiasi Relawan Muda adalah kegiatan tahunan dari UKM KSR-PMI Universitas Udayana, yang merupakan kegiatan perlombaaan KSR tingkat nasional . Kegiatan ini bertujuan untuk wadah bagi relawan muda untuk mengembangkan dan menyalurkan ide-ide kreatif di tengah pandemi yang berguna bagi kemanusiaan baik secara mikro maupun makro. Rangkaian acara garda dimulai dari technical meeting, Pembukaan beserta webinar nasional, Presentasi karya, serta penutupan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Juli-28 Agustus 2022.


    Peserta kali ini terdapat 7 tim dari KSR PT baik dalam bali, maupun luar pulau Bali. 7 tim tersebut diantaranya :

    - KSR-PMI Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

    - KSR-PMI Unit FKP Universitas Diponegoro

    - KSR-PMI Universitas Jenderal Soedirman

    - KSR-PMI Unit Universitas Triatma Mulya Jembrana

    - KSR-PMI Unit Institut Pertanian Bogor

    - KSR-PMI Universitas Syiah Kuala Aceh

    - KSR-PMI Stikes Bina Usadha Bali


    Terdapat 5 perlombaan yang diperlombakan dalam garda, diantaranya adalah :

    - Lomba Fotografi

    - Lomba LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah)

    - Lomba Video Edukasi

    - Lomba Video Kreatif PP

    - Lomba Poster Digital

    Selain kegiatan perlombaan juga dilaksanakan kegiatan webinar nasional yang menargetkan seluruh khalayak umum yang ingin menambah pengetahuan umum di seluruh Indonesia. webinar yang mengambil tema “Love Yourself, Love Your Health”. Sesuai dengan tema yang diambil, webinar ini menekankan kepada pengenalan trauma mental sejak dini. Materi seminar akan dibawakan oleh pembicara yang sudah berkompeten di bidangnya dan akan didampingi oleh satu orang moderator.

    Adapun luaran yang ingin dicapai dalam kegiatan kami adalah terciptanya relawan-relawan muda yang kreatif di tengah pandemi sehingga mampu mengabdi kepada bangsa dan negara.

    GARDA ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19. Sebelum kegiatan dilangsungkan, seluruh panitia dan peserta di pastikan dalam keadaan sehat dan melakukan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, mengecek suhu tubuh, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

    Kegiatan diawali dengan rangkaian technical meeting pada tanggal 31 Juli untuk memberitahukan penilaian-penilaian yang akan dinilai dalam lomba ini yang dihadiri perwakilan dari setiap tim secara online melalui CISCO WEBEX Meetings, rangkaian selanjutnya adalah pembukaan acara pada tanggal 20 Agustus dimana kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan PMI Bali, Perwakilan PMI Badung, Pembina KSR, Ketua Umum KSR, dan Panitia secara offline di aula PMI Badung serta Peserta melalui CISCO WEBEX Meetings, lalu dilanjutkan dengan WEBINAR Nasional. Penilaian dilanjutkan dengan presentasi karya dari masing-masing tim secara online pada tanggal 24 Agustus, dimana peserta mampu menampilkan serta mempresentasikan karya mereka secara maksimal, di depan para juri yang sudah berkompeten serta bersertifikasi dalam bidangnya. Penutupan dilaksanan pada tanggal 28 Agustus dan dihadiri Perwakilan PMI Bali, Perwakilan PMI Badung, Pembina KSR, Perwakilan WR 3, Ketua Umum KSR, dan Panitia secara offline di aula PMI Badung serta Peserta melalui CISCO WEBEX Meetings, bertempat di Aula PMI Badung, adapun pengumuman juara juga dilaksanakan pada saat penutupan, dimana hasilnya adalah :

    • JUARA FAVORIT : UNSOED

    • Video Edukasi

    I : Triatma Mulya Jembrana

    II : UNSOED

    III : UNISMA

    • Fotografi

    I : UNSOED

    II : Triatma Mulya Jembrana

    III : FKM UNDIP

    • LKTI

    I : UNSOED

    II : UNISMA

    III : FKM UNDIP

    • Poster

    I : UNISMA

    II : IPB

    III : FKM UNDIP

    • Video Kreatif PP

    I : Triatma Mulya Jembrana

    II : UNISMA

    III : FKM UNDIP