Gema Restorasi FISIP (GRAFIS) 2019
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana)
 Gema Restorasi FISIP tahun 2019 yang disingkat menjadi Grafis 2019 merupakan salah satu program kerja yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Unud melalui Departemen Pendidikan. Program kerja ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai langkah awal mahasiswa baru dalam mempersiapkan diri untuk segera tergabung kedalam keluarga besar FISIP Unud. Melalui masa orientasi yang dirancang apik oleh panitia, diharapkan mampu memberi pengenalan situasi dan lingkungan didalam kegiatan perkuliahan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik FISIP Unud kepada para mahasiswa baru.
 Tahun ini, Grafis mengangkat tema “Bersinergi Membentuk Insan Maroon yang Aktif dan Inovatif”. Melalui tema tersebut, diaharapkan mahasiswa baru nantinya mampu bersinergi untuk mengakumulasikan pemikiran-pemikiran yang positif serta aktif dalam memberikan pembaharuan pemikiran untuk masyarakat, nusa, dan bangsa. Untuk menuju pada harapan dari tema kegiatan tersebut, acara ini terbagi melalui beberapa tahap dan rangkaian. Mulai dari proses verifikasi, penugasan, penyerahan mahasiswa baru dari universitas ke fakultas, pengenalan organisasi mahasiswa, Focus Group Discussion (FGD), dan hingga acara pucak pada tanggal 21 Agustus 2019.
 Jumlah peserta Grafis tahun 2019 mencapai 323 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa baru dan beberapa mahasiswa lama yang belum sempat mengikuti Grafis selama bekuliah di FISIP Unud. Acara ini didukung oleh adanya 106 orang panitia, 12 orang dewan formatur dari perwakilan himpunan mahasiswa FISIP Unud, dan 5 orang pengawas independen. Total keseluruhan panitia tersebut sudah mulai bekerja dari tiga bulan sebelum acara puncak Grafis 2019.