GRAFIS 2017

“GRAFIS yang Humanis dalam Membentuk Generasi Maroon yang Berjiwa Sosial dan Menjunjung Tinggi Kebhinekaan”

Denpasar, Bali

Dalam rangka menyambut kedatangan mahasiswa baru FISIP Universitas Udayana di tahun ajaran 2017-2018 ini, masa orientasi atau pengenalan kampus tentu sangat penting adanya. Student day Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun untuk menyambut datangnya mahasiswa baru, hal ini perlu dilakukan sebab kegiatan ini sebagai wahana untuk mengenalkan dan membekali para Mahasiswa baru akan dinamika dan dialektika perkuliahan yang tentunya sangat berbeda dengan apa yang sudah ditemukan, dirasakan, dan dilihat pada Sekolah Lanjut Tingkat Atas. Di Perguruan Tinggi ini Mahasiswa dituntut untuk mengenal lebih dekat dan memahami seluk beluk kehidupan kampus yang bercorak ilmiah, rasionalistis, analitis, serta sistematis juga memiliki karakteristik kebebasan berpendapat, kritis, jujur dan bertanggung jawab serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Pelaksanaan GRAFIS dilaksanakan pada tanggal 24 agustus 2017, dengan konesp yang baru kegiatan GRAFIS ini ditekankan kepada para mahasiswa baru khususnya untuk lebih kritis, aktif dan peduli dengan sesama.Melalui kegiatan-kegiatan lomba orasi, penugasan yang edukatif, dan tentunya yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Kegiatan yang berlangsung 1 hari ini dimulai dari pukul 07.00 – 16.00 WITA berlangsung berbagai macam kegiatan mulai dari pembekalan mereka tentang “Pentingnya Memotivasi Diri Sendiri” oleh Kak Ria Asteria, kemudian dilanjutkan dengan Focus Gorup Discussion yang melatih mereka dalam mengkritis suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda termasuk juga bagaimana mereka menyampaikan pendapatnya dalam bentuk argumentasi kemudian kegiatan dilanjutkan dengan lomba orasi antar gugus. Setalah itu kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing organisasi kemahasiswaan yang ada di Lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana dan yang terakhir pemberian penghargaan kepada mahasiswa baru karena telah mengikuti rangkaian kegiatan GRAFIS 2017 dengan baik, seperti penugasan terbaik, putra putri terbaik GRAFIS, juara lomba orasi, best speaker FGD dan gugus terbaik.

Kegiatan seperti ini diharapkan dalam GRAFIS 2017 ataupun selanjutnya tentu memperkenalkan mahasiswa baru dengan lingkungan baru mereka, peduli dengan sesama, saling menghargai dan menjunjung tinggi kebhinekaan.