Equilibrium Science Fair 2018 atau yang bisa disingkat dengan ESF 2018 merupakan salah satu program kerja dari Divisi 1 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. ESF ditahun ini kembali hadir untuk seluruh siswa dan mahasiswa di Indonesia. Rangkaian pertama dari ESF 2018 ini telah diawali dengan diadakannya Tryout SBMPTN untuk Sekolah Menengah Atas se-Bali. 
          Rangkaian selanjutnya dari kegiatan ESF 2018 ini adalah perlombaan dengan empat divisi perlombaan yaitu English Debating Competition (EDC), Indonesian Debating Competition (IDC), Equilibrum Writing Competition (EWC), dan National Equilbrium Competition (NEC). Keempat divisi perlombaan tersebut dibuka secara resmi oleh Dekan FEB Unud yang diwakili oleh Kasubag Kemahasiswaan pada tanggal 31 Juli 2018 di Aula Gedung Doktor, Kampus Sudirman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana yang kemudian dilanjutkan dengan babak penyisihan I sampai III Divisi English Debating Competition dan Technical Meeting Divisi Indonesian Debating Competition, Divisi Equilibrium Writing Competition, dan Divisi National Equilibrium Competition yang dihadiri oleh seluruh peserta dari masing-masing divisi perlombaan.
          Kemudian pada tanggal 1 Agustus 2018 dilanjutkan dengan babak penyisihan IV, Semi Final, Final, dan Grand Final dari Divisi EDC, babak penyisihan I sampai III Divisi IDC, presentasi perlombaan Divisi EWC, dan tahap presentasi perlombaan Divisi NEC. Dilanjutkan dengan hari terakhir perlombaan yaitu pada tanggal 2 Agustus 2018 yang terdiri dari babak per-enam besar, Semi Final, Final, dan Grand Final dari perlombaan Divisi IDC, Seminar Mini, Babak Konferensi Tahap 1 dan 2, serta Babak Diskusi Kelompok dari perlombaan Divisi NEC. Selama tiga hari masa perlombaan, pengumuman peserta yang berhasil meraih penghargaan diumumkan pada Awarding Night di Auditorium Werdhapura, Sanur pada tanggal 2 Agustus 2018. Adapun para peserta yang berhasil meraih penghargaan yaitu:

• Equilibrium Writing Competition (EWC) :
Juara 1: Komang Andjan.
Juara 2: Ni Ketut Candra Puspita.
Juara 3: Anak Agung Ayu Puty Andrika.
• English Debating Competition (EDC) :
Juara 1: SMAN 4 Denpasar.
Juara 2: SMAK Harapan.
Juara 3: SMAN 1 Sidoarjo.
Best Speakers : Krisna Aji Pradana (SMAN 1 Sidoarjo).
• National Equilibrium Competition (NEC) :
Juara 1: Universitas Gadjah Mada.
Juara 2: Universitas Indonesia.
Juara 3: Universitas Udayana.
Best Idea: Universitas Gadjah Mada.
Best Delegate: Universitas Indonesia.
• Indonesian Debating Competition (IDC) :
Juara 1: Tim Indonesia A (UI).
Juara 2: Tim Indonesia B (UI).
Juara 3: Tim KPI (Universitas Hasanudin).
Best Speaker: Dimas Putra Permadi.
• Pemenang Nominasi :
Terheboh: Diki Wahyudi
Terkalem: Kanita Putri Amaris
Tersupel: Ketut Alit Wira Adi K.
Terunik: Fikri Alfiansyah

        Kegiatan ESF 2018 tidak terhenti dengan berakhirnya Awarding Night. Pada tanggal 3 Agustus 2018 para peserta mengikuti rangkaian terakhir dari kegiatan ESF 2018 yaitu Tour Trip. Selama satu hari penuh peserta dapat menikmati keindahan Pulau Bali seperti Museum Bali, Tol Bali Mandara, Puja Mandala, Pantai Pandawa, Krisna oleh-oleh Tuban kemudian berakhir di Bandara Ngurah Rai/Terminal Mengwi. Dengan adanya tour trip ini, diharapkan dapat membuat para peserta menghilangkan ketegangan situasi lomba dan dapat mengenal satu sama lain dengan lebih baik. Dengan berakhirnya tour trip, maka berakhir pula rangkaian Equilibrium Science Fair 2018 yang tentu menjadi salah satu program kerja yang memperkenalkan Universitas Udayana khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis ke seluruh penjuru Indonesia.
       Demikian review dari kegiatan Equilibrium Science Fair (ESF) 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, semoga segala rangkaian kegiatan ESF 2018 dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat. Sampai bertemu di Equilibrium Science Fair (ESF) 2019!