Pelatihan Tingkat Lanjut 2023 divisi susur gua Mapala “WD” Unud di Manggarai, Nusa Tenggara Timur
Sumber : Dokumentasi tim susur gua Mapala “WD” Unud

    Anggota Spesialisasi adalah tahapan seorang anggota Mapala “WD Unud yang telah mencapai sebuah keberhasilan dalam penguasaan keterampilan dan wawasan divisi yang diminati. Tahun ini dalam program kerja Pelatihan Tingkat Lanjut (PTL) 2023, empat anggota Mapala “WD” Unud menjadi Anggota Spesialisasi Susur Gua dengan menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan serta berhasil merealisasikan sebuah pengembaraan yang bertajuk Umbara Dangin.

    Tahapan menjadi seorang anggota spesialisasi tidak dapat dikatakan mudah. Berdasarkan definisinya, kata "spesialis" merujuk pada seseorang yang memiliki pengetahuan, keterampilan, atau pemahaman yang mendalam dan khusus dalam suatu bidang tertentu. Anggota Spesialisasi akan berperan penting sebagai pioner dalam berbagai kegiatan sesuai dengan bidangnya. Mereka juga akan berkontribusi aktif dalam proses regenerasi keberlangsungan organisasi.

Melalui pengalaman dan evaluasi selama 42 tahun berdirinya Mapala “WD Unud, telah memberikan sebuah kurikulum standarisasi yang mumpuni untuk mencetak anggota yang benar-benar berkompeten di bidangnya. Sebagai langkah untuk mencetak anggota spesialisasi, PTL adalah wadah yang disediakan Mapala “WD” Unud untuk mewujudkannya.

    PTL 2023 berlangsung dari pertengahan bulan Maret hingga awal September 2023. Tahapan rangkaian kegiatan dibagi menjadi tiga fase yaitu masa persiapan, masa operasional, dan pasca kegiatan. Dalam masa persiapan, peserta akan mendaftar untuk bergabung ke divisi yang diminati. Mapala “WD” Unud saat ini memiliki enam divisi, diantaranya divisi hutan gunung, panjat tebing, susur gua, selam, olahraga arus deras (ORAD), dan divisi konservasi. Kemudian, peserta akan memulai masa persiapan dengan mengikuti materi kelas wajib dan pilihan. Materi kelas meliputi pengetahuan lanjutan tentang Ilmu kepecintaalaman sebagai bekal agar lebih siap dalam berkegiatan. Pada tahapan ini, tentunya peserta juga akan berlatih keterampilan sesuai divisi masing-masing. Serta peserta juga mendapat wawasan seputar organisasi sebagai fondasi karena kelak anggota spesialisasi juga akan menjadi penggerak di roda organisasi kedepannya.

    Masa persiapan berlangsung sangat kompleks. Peserta tidak hanya mempersiapkan bekal keterampilan individualnya. Kemampuan manajemen tim dalam merancang sebuah perjalanan menjadi poin penting dalam masa ini. Setiap tim harus dapat membuat dan merancang sebuah perjalanan sesuai dengan standarisasi yang telah ditentukan. Persiapan yang matang adalah prinsip mutlak. Tanpa kematangan tersebut, bukan tidak mungkin bahaya akan menghampiri karena kegiatan alam bebas tentu penuh resiko dan tantangan. Perencanaan perjalanan meliputi persiapan administrasi, wawasan lokasi yang akan dituju, manajemen logistik, dan lain sebagainya.

    Setelah semuanya rampung, tiap divisi akan menjalani kegiatan try out atau masa operasional. Divisi susur gua dalam PTL 2023 berhasil mengembara dengan merealisasikan perjalanannya yang bertajuk Umbara dangin : Eksplorasi Kawasan Karst Manggarai. Menerjang lautan menuju bentala timur Indonesia pada tanggal 7 Agustus 2023 dan kembali pada 14 Agustus 2023. Penelusuran gua yang belum pernah terjamah berhasil direalisasikan oleh mereka. Diantaranya Gua Longka Sesa, Desa Nenu, Kab. Cibal, Manggarai serta dua gua lainnya yang juga berlokasi di sekitar Desa Nenu yaitu Gua Leang Ka dan Gua Leang Niki.
Kepulangan tim divisi susur gua sekaligus memasuki masa pasca operasional kegiatan. Tolak ukur seorang anggota spesialisasi Mapala ‘WD” Unud bukan hanya sekedar berhasil mengembara semata. Melainkan bagaimana hasil dari pengembaraan tersebut. Masa pasca kegiatan ialah masa dimana peserta mengolah data dari perjalanan mereka. Output kegiatan berupa informasi dan dokumentasi adalah aset yang berharga bagi organisasi dan dunia kepecintaalaman.

    Divisi susur gua berhasil memetakan gua yang belum pernah terjamah tersebut sebagai hasil dari pengembaraan mereka. Dengan demikian, seluruh rangkaian Pelatihan Tingkat Lanjut telah mereka selesaikan dan dengan ini menetapkan empat orang yang tergabung dalam divisi susur gua PTL 2023 menjadi seorang Anggota Spesialisasi Susur Gua Mapala “WD” Unud. Mereka adalah Luh Putu Diah Puspita Anjani (WD-2340780) dari Fakultas Fisip angkatan 2022, Diyan Ayu Wijayanti (WD-2239778) dari Fakultas MIPA angkatan 2021, Evangeline Verota Tarigan (WD-2340786) dari Fakultas Kedokteran Hewan angkatan 2022, dan Irfan Maulana Azizy (WD-2239768) dari fakultas Ilmu Budaya angkatan 2021.