“Relawan tak dibayar bukan karena tidak bernilai, tetapi karena tak ternilai” – Sherry Anderson

Siamo Tutti Fratelli!

Relawan merupakan salah satu pekerjaan mulia yang dapat dilakukan oleh manusia. Kegiatan DIKLATDAS KSR-PMI Universitas Udayana merupakan salah satu program kerja UKM KSR-PMI Universitas Udayana guna membentuk relawan relawan muda yang berdedikasi kepada kemanusiaan. Kegiatan DIKLATDAS 31 UKM KSR-PMI Universitas Udayana dilaksanakan pada tanggal 23-30 Januari 2022 bertempat di Markas PMI Kabupaten Badung dan Bumi Perkemahan Pondok Jaka ini mengusung tema “Menciptakan Generasi Relawan Tangguh, Loyal, dan Berintelektual” dengan harapan peserta DIKLATDAS ini dapat menjadi Relawan yang tangguh dan siap ditugaskan ke lokasi bencana, loyal dan setia kepada kemanusiaan dan Palang Merah Indonesia, serta memiliki pengetahuan, wawasan, dan ilmu mengenai kepalangmerahan.


Kegiatan DIKLATDAS 31 UKM KSR-PMI Universitas Udayana ini diikuti oleh 26 peserta dari berbagai fakultas di Universitas Udayana, dimana terdapat 2 orang yang mengundurkan diri di pertengahan kegiatan sehingga sampai akhir kegiatan terdapat 24 orang peserta. Peserta pada kegiatan ini dididik sehingga menguasai materi tentang kepalangmerahan serta penguatan mental dan fisik mereka.

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di lokasi dengan memerhatikan protokol kesehatan ketat karena masih dalam suasana pandemi. Peserta, Panitia serta orang-orang yang berada di sekitar lingkungan dituntut untuk menjaga protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan faceshield. Adapun demi memastikan seluruh elemen kegiatan berada pada kondisi yang tidak membahayakan, diadakan pemeriksaan Swab Antigen yang dilaksanakan 2 hari sebelum kegiatan di Markas PMI Kabupaten Badung.


Kegiatan DIKLATDAS 31 UKM KSR-PMI Universitas Udayana ini berlangsung selama 8 hari mulai tanggal 23 Januari 2022 sampai tanggal 30 Januari 2022. Adapun pembagian kegiatannya adalah 6 hari pemberian materi dan praktik di Markas PMI Kabupaten Badung dan 2 hari terakhir merupakan Simulasi yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pondok Jaka.


Materi-materi yang disampaikan terdiri dari : Materi Kepalangmerahan, Kesehatan Remaja, Kepemimpinan, Manajemen Bencana, Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, dan sebagainya. Selain mendapatkan materi di kelas, peserta juga berkesempatan melakukan praktik langsung di lapangan yang didampingi oleh fasiltator berpengalaman.


Pada tanggal 29 Januari 2022, peserta dimobilasi ke Bumi Perkemahan Pondok Jaka untuk melakukan simulasi pada pukul 08.00 WITA. Adapun simulasi yang diberikan merupakan kejadian Gempa Bumi dimana terdapat banyak korban, pada simulasi ini peserta dituntut untuk mempraktikan hal-hal yang dipelajari selama 6 hari sebelumnya saat ada kejadian sesungguhnya. Pada pukul 18.00 WITA kegiatan dilanjutkan dengan agenda Malam Keakraban yang dihadiri berbagai undangan seperti pengurus PMI Bali dan Undangan KSR-PMI PT dari Badung dan Denpasar.



Pada tanggal 30 Januari 2022, kegiatan dilanjutkan dengan pengukuhan peserta serta penutupan yang secara resmi mengakhiri kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Angkatan 31 UKM KSR-PMI Universitas Udayana