Pada Senin, 16 Juli 2018 merupakan hari pertama untuk kegiatan Diklat Perkoperasian Bagi Pengelola Koperasi Mahasiswa Se-Bali Angkatan 1, yang bertempat di UPT Diklat KUMKM Provinsi Bali. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari yaitu 16 – 19 Juli 2018. Partisipan dari kegiatan ini yaitu perwakilan mahasiswa perguruan tinggi di Bali.
    Kopma Unud juga berkesempatan untuk mengirimkan delegasinya dalam kegiatan ini sebagai perguruan tinggi yang memiliki Koperasi Mahasiswa pertama di Bali. Kopma Unud mengimkan 6 delegasinya yaitu Dwi Tirta, Sedana Yoga, Uthami Febriati, Ariani, Agus Wisnu dan Prasetiawan Djelantik yang menjabat sebagai Pengurus UKM Kopma Unud periode 2018/2019.
    Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali, Bapak I Gede Indra Dewa Putra, SE.MM. Acara dibuka secara simbolis dengan pengalungan nametag oleh perwakilan peserta. Kopma Unud dalam kesempatan ini dipercaya sebagai perwakilan.
    Setelah itu kegiatan diklat pun dilanjutkan dengan pemberian materi. Materi yang diberikan selama diklat ini yaitu Kebijakan Pemberdayaan KUKM, Jati Diri Koperasi, Organisasi dan Manajemen Koperasi, Kewirausahaan Koperasi, Usaha Koperasi, Permodalan Koperasi, Analisa Laporan Keuangan Koperasi, Motivasi Berkoperasi dan Partisipasi Anggota Kopma. Pemberi materi dalam acara diklat ini adalah pakar-pakar koperasi yang telah handal di bidangnya.
    Sebelum kegiatan pemberian materi dimulai, peserta terlebih dahulu menjalani pre-test untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta memahami tentang perkoperasian. Pada tanggal 17-18 Juli 2018 juga diisi dengan kegiatan pemberian materi oleh pakar koperasi. 
    Hari terakhir diklat ini diisi dengan kegiatan PKL. Kegiatan ini dilaksanakan di Koperasi Sedana Luwih. Dalam kegiatan ini Pemilik Koperasi Sedana Luwih memberikan ilmu dan tambahan wawasan dalam menjalankan koperasi dengan tindakan nyata. Peserta juga diajak untuk mengunjungi kantor Koperasi Sedana Luwih.
    Sebelum acara penutupan dilaksanakan, diisi dengan kegiatan Succes Story, dalam kegiatan ini Kopma Unud kembali diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dalam mengelola manajemen dan usaha yang dimiliki oleh Kopma Unud.
    Acara ini ditutup dengan penyerahan sertifikat bagi peserta Diklat. Dengan adanya kegiatan diklat ini diharapkan kualitas Sumber Daya Manusia pengelola Koperasi semakin berkualitas. (FEB)