UKM KSR-PMI Unit Universitas Udayana baru saja mencetak relawan baru melalui diklatdas atau Pendidikan dan Latihan Dasar Tahun 2017. Diklatdas ini merupakan kegiatan tahunan dan menjadi salah satu program kerja kepengurusan periode 2017. Tujuannya adalah untuk melahirkan relawan muda kemanusiaan yang berkomitmen sesuai dengan tema yaitu, membangun relawan muda yang tangap, mandiri, dan berkarakter.

     Kegiatan dilaksanakan selama delapan hari dimulai pada 23-26 Juli 2017 di Markas PMI Kabupaten Badung dan 27-30 Juli 2017 di Agrowisata Mahajaya Cau, Tua, Tabanan. Selain ingin mencari lokasi baru, Agrowisata Mahajaya dipilih menjadi tempat kegiatan karena suasananya yang asri, nyaman, dan sesuai dengan konsep acara. Kegiatan ini diikuti oleh 16 orang peserta yang berasal dari seluruh fakultas di Universitas Udayana. Namun, dalam pelaksanaanya tiga orang gugur karena sesuatu hal yang mendesak.

     Diklatdas yang diketuai oleh Aditya Kurniawan menjalin kerja sama dengan beberapa UKM dan pihak untuk memberikan materi. Adapun relasinya adalah UKM Pers Mahasiswa Akademika Universitas Udayana yang memberikan materi Jurnalistik Untuk Warga, I Putu Irvan- Mahasiswa Magister Ilmu Ekonomi Universitas Udayana yang memberikan materi Kewiausahaan, dan Resimen Mahasiswa Universitas Udayana yang memberikan materi Kepemimpinan. Pemberian materi tersebut dilaksanakan pada Pra Diklatdas, dimulai dari Pra Diklatdas 1-3 dan Pra Diklatdas 4 sebagai susulan Pra Diklatdas 1-3. Pra Diklatdas ini juga menjadi syarat peserta untuk mengikuti kegiatan Diklatdas. Selain itu, kelancaran kegiatan ini terwujud atas dukungan dari beberapa pihak diantaranya, Sari Pie Susu Bali, Tiara Dewata, ORG_TL.COM, Toga Mas, Media Komunikasi Udayana, serta para anggota dan relawan yang memberikan sumbangsih.

     Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan adalah pembukaan kegiatan yang dilakukan oleh perwakilan Wakil Rektor III Universitas Udayana didampingi oleh perwakilan ketua PMI Bali, perwakilan kepala markas PMI Kabupaten Badung, dan dihadiri oleh para undangan. Selain itu, ada pemberian 25 materi yang disertai dengan praktik lapangan yaitu, Kepalangmerahan, Manajemen Bencana, Assesment, Kesehatan Reproduksi dan Remaja, Dapur Umum, CBP (Community Based Programe), RFL (Restoring Family Link), GPS (Global Positioning System), Logistik, PK (Perawatan Keluarga), Watsan, PSP (Psychosocial Support Programe), Tendanisasi, Pengantar Pertolongan Pertama, Anatomi dan Faal Dasar, Penilaian, BHD (Bantuan Hidup Dasar), Perdarahan dan Stok, Cidera Jaringan Lunak, Cidera Otot Rangka, Triage, Pemindahan Penderita, Luka Bakar, Kedaruratan Medis, dan Keracunan. Ada juga jurit kesiapsiagaan, simulasi, malam keakraban, jurit post to post, pencarian nomor induk anggota, pelantikan, dan penutupan yang dilaksanakan oleh Pembina UKM KSR-PMI Unit Universitas Udayana. Melalui kegiatan ini diharapkan anggota KSR-PMI Unit Universitas Udayana angkatan 26 yang baru saja dilantik dapat menjadi relawan muda yang mengabdikan jiwa dan raga untuk kemanusiaan sesuai dengan Prinsip Dasar Gerakan dan berdasaskan Pancasila serta dapat menjadi anggota UKM yang berkomitmen.