Untuk meminimalisir musibah pendakian akibat maraknya pendaki dengan minim persiapan, Mapala "Wanaprastha Dharma" Udayana menggelar Seminar Perencanaan Perjalanan Alam Bebas sebagai salah satu bentuk edukasi terhadap masyarakat umum maupun penggiat alam bebas, Sabtu (15/10)

"Seminar ini dilatarbelakangi banyaknya musibah dikalangan penggiat alam bebas yang kerap terjadi belakangan ini. Dengan tujuan utuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya manajemen perjalanan", kata Ni Luh Putu Oktavia Purnama selaku Ketua Panitia Seminar dalam sambutannya.

Menurutnya, tema "Safe Can Be Fun" kali ini lebih terfokus pada kenyamanan dan keamanan saat beraktivitas di alam bebas meskipun membutuhkan persiapan yang lebih. Sehingga diharapkan seminar ini dapat meminimalisir resiko yang disebabkan oleh penggiat alam bebas itu sendiri. Pelaksanaan seminar ini mengusung tiga topik utama yaitu Perencanaan Perjalanan yang dibawakan oleh salah satu Indonesian Seven Summiters Mahitala Unpar, Janatan Ginting. Kemudian topik kedua dibawakan oleh dr. A.A. Istri Agung Wida yang merupakan. anggota Mapala "WD" UNUD tentang Kesehatan dan Keselamatan Perjalanan. Sedangkan topik yang terakhir mengenai Dokumentasi Perjalanan dibawakan oleh salah satu Ekspeditor Aksa 7, Wihana Erlangga.

Seminar yang berlangsung di Gedung Institute for Peace and Democracy UNUD ini mendapat sambutan hangat dari 115 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa, siswa pecinta alam dan umum. Terbukti dari antusiasme peserta untuk bertanya pada sesi diskusi. (ester)