Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan ini sangat berguna untuk perkembangan dan kinerja suatu organisasi. Universitas Udayana melalui DPM Universitas Udayana mengadakan kunjungan dalam rangka studi banding mahasiswa tahun 2023 di Universitas Pembangunan Nasionan (UPN) Veteran Jogjakarta untuk hari pertama dan hari kedua di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang berlangsung dari tanggal 27 Februari-3 Maret 2022. Studi banding kali ini dihadiri oleh Ketua UPO, DPM dan BEM Universitas Udayana dan jajarannya, para ketua UKM, dan jajaran Biro Kemahasiswaan sebagai pendamping kegiatan.

Kunjungan hari pertama di UPN diterima oleh Kepala Bagian Kemahasiswaan Drs. Mursito, MM, DPM-KM UPN dan jajaran. Drs. Mursito mengucapkan selamat datang di Jogja. Dalam sambutannya beliau memaparkan sejarah singkat UPN Veteran Yogyakarta berdiri tanggal 2 Oktober 1958, BLU baru 2 tahun dengan 15 ribu mahasiswa melalui lima fakultas jenjang sarjana dan juga program diploma serta pascasarjana baik magister, maupun doktor.
Ketua Unit Pengembangan Ormawa (UPO) Universitas Udayana Dr. Dewa Gede Wiryangga Selangga, SP,M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas penyambutan rombongan Universitas Udayana. “Semangat para pejuang wajib kita sosialisasikan, karena amanah pejuang sebagai panutan untuk menimbulkan semangat bagi para pemuda Indonesia. Peran pemuda sangat berdampak demi kemajuan bangsa dan negara”, ucapnya grand desain masing-masing lembaga seperti visi misi DPM Universitas Udayana yaitu bersinergi bersama mewujudkan DPM PM Universitas Udayana sebagai fasilitator lembaga legislatif yang responsif, akuntabel, dan nyata dengan asas kekeluargaan.

Di lain kesempatan, pada hari kedua kunjungan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diterima oleh Kasubdit Kemahasiswaan Bapak Yulianto Subagyo, ST dan jajaran. “Kami ucapkan selamat datang sudah mempercayakan UNY sebagai tempat benchmarking, dan berharap terjadi Kerjasama berkelanjutan, baik dari sisi kelembagaan dan prestasi melalui penyelenggaraan ajang kompetisi nasional maupun internasional dan melahirkan ide-ide kreatif untuk kemajuan kampus” ucapnya.

Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Bapak Arwan Nur Ramadhan, M.Pd sebagai wakil Lembaga memberikan banyak wejangan seputar perkembangan kampus UNY termasuk bagaimana struktur organisasi bagian kemahasiswaan dan trik sukses meraih prestasi terutama program-program terkait dari kementerian. “Prestasi menjadi tugas tambahan, tugas utama program kerja pengembangan minat bakat. Tugas mahasiswa lulus tepat waktu, bukan lulus pada waktunya. Simkatmawa program kementerian, bukan rektor. Proker harus inovatif, jangan mengulang proker yang lalu, harus ada keterbaruan”, kilahnya.