Dewan Perwakilan Mahasiswa Pemerintahan Mahasiswa Universitas Udayana (DPM-PM UNUD) telah menyelenggarakan Bakti Sosial DPM PM-UNUD pada Sabtu (04/05) hingga Minggu (05/05) di Desa Sumita, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar dengan menggusung tema “Harmoni dalam Berbagi”.

Bakti Sosial DPM PM-UNUD diawali dengan pembukaan kegiatan yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Sumita dan terdapat sambutan dari ketua panitia, ketua DPM PM-UNUD, Kepala Desa Sumita, Kelian Banjar Siih dan Kepala SD Negeri 2 Sumita yang sekaligus membuka acara Bakti Sosial DPM PM-UNUD 2019. Dilanjutkan dengan pemberian tanaman, buku cerita anak-anak dan tempat sampah secara simbolis kepada SD Negeri 2 Sumita. Setelah rangkaian pembukaan usai, panitia serta anggota DPM PM-UNUD lainnya mengadakan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada siswa-siswi kelas 2, 3 dan 4 SD Negeri 2 Sumita. Setelah acara penyuluhan selesai, dilaksanakan dengan sesi foto bersama serta penutupan dan penyerahan plakat kepada Kepala Desa Sumita dan Kepala SD Negeri 2 Sumita yang sekaligus menutup kegiatan Bakti Sosial DPM PM-UNUD 2019.

Setelah rangkaian Bakti Sosial di SD 2 Sumita yang dilaksanakan pada hari pertama usai, rangkaian Bakti Sosial kembali dilanjutkan dengan gotong royong untuk membersihkan area sekitar SD Negeri 2 Sumita dan Pura Dalem Desa Sumita serta malam keakraban DPM PM-UNUD.

Bakti Sosial ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa peduli DPM PM-UNUD terhadap masyarakat dimana setiap tahunnya, kegiatan ini mengusung tujuan yang berbeda. Tahun ini DPM PM-UNUD berkesempatan memberikan pembelajaran tentang pentingnya hidup sehat kepada anak-anak sekaligus melakukan pengabdian di Desa Sumita, Gianyar. Selain pembelajaran, bakti sosial ini juga memiliki tujuan utama yang hendak dicapai, yaitu menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, membentuk mental mahasiswa agar mampu bersosialisasi secara baik dengan masyarakat, dan menjalin hubungan baik antara mahasiswa dengan lingkungan sekitar.

Dengan dilaksanakannya bakti sosial ini, DPM PM-UNUD berharap kegiatan ini dapat menjadi salah satu bukti nyata bahwa mahasiswa terutama anggota DPM PM-UNUD mampu menjadi agen perubahan dan membawa dampak baik bagi mayarakat serta tercapainya tujuan DPM PM-UNUD dalam mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.