Pada hari Sabtu, 13 April 2019 panitia mulai mempersiapkan perlengkapan masing-masing sie yang akan digunakan untuk ramah tamah. Sebagian bahan konsumsi diolah terlebih dahulu di rumah seorang ALB yaitu Pak Yan Alu yang meliputi menghaluskan bumbu, menggoreng bawang, memasak santan. Bahan konsumsi diolah terlebih dahulu agar menghemat waktu pada pelaksanaan kegiatan. Pada pukul 05.00 WITA sie konsumsi merebus ayam dengan bumbu dan membeli bahan masakan yang masih kurang. Pada hari Minggu, 14 April 2019 panitia berkumpul di Sekretariat Mapala “WD” Unud untuk melakukan persiapan dan briefing. Persiapan yang dilakukan antara lain mempersiapkan peralatan, bahan makanan, tempat untuk memasak dan mengolah bahan yang akan dimasak serta memasak olahan bahan tersebut. Sebagian besar peralatan untuk memasak disiapkan oleh ALB Mapala “WD” Unud dan panitia.

       Pada pukul 09.40 WITA panitia dan ALB mulai melakukan kegiatan memasak (Ngelawar) sampai pukul 12.00 WITA. Pada saat ngelawar ALB dan anggota aktif berbaur dan saling bertukar cerita. Kegiatan ngelawar mengalami kendala berupa hujan. Panitia dan ALB Bersama-sama memindahkan peralatan masak dan bahan makanan ke teras Gedung Inkubator Bisnis. Saat hujan redah panitia dan ALB kemudian melakukan acara makan bersama di parkiran Gedung Inkubator Bisnis. Setelah selesai makan, seluruh anggota diajak berkumpul untuk melakukan kegiatan ramah tamah meliputi sharing program kerja 2019 dan pengenalan anggota angkatan XXXVII, sesi sharing dipimpin oleh ketua umum, pengenalan program kerja dilakukan oleh masing-masing ketua panitia. Dalam sesi sharing juga membahas persiapan malam puncak pada tanggal 21 April 2019.

       Setelah acara ramah tamah selesai, acara dilanjutkan dengan acara bebas dan panitia melakukan pembersihan area, mengumpulkan dan membersihkan peralatan yang digunakan untuk memasak dan makan bersama dalam kegiatan ramah tamah, selanjutnya peralatan dikembalikan ke Pasca Sarjana dan Sekretariat Mapala “WD” Unud. Evaluasi kegiatan diadakan langsung setelah kegiatan selesai pada pukul 18.00 WITA.