DISKUSI BERTAJUK REDUCE PLASTIC WASTE SEBAGAI UPAYA MAPALA“WANAPRASTHA DHARMA” MENDUKUNG PENGURANGAN PENGGUNAAN PLASTIK

            Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Mapala “Wanaprastha Dharma” yang ke-38 tahun, panitia pelaksana mengadakan beberapa kegiatan dalam mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi sebagai wujud nyata bahwa mapala tidak hanya bergerak dalam bidang kepecintaalaman, tetapi tetap peka dan merasa bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial yang ada disekitar kita. Beberapa kegiatan tersebut adalah donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kota Denpasar, dilaksanakan pada tanggal 5 April 2019 serta diskusi bertema Reduce Plastic Waste” yang dilaksanakan pada tanggal 7 April 2019. 


        Sebagai organisasi yang bergelut dalam bidang lingkungan, Mapala “Wanaprastha Dharma” mengadakan diskusi tentang pengurangan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Diskusi ini menghadirkan koordinator komunitas Maludong Buang Sampah Sembarangan serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar sebagai pembicara. Diskusi Reduce Plastic Waste ini dilaksanakn di podium bebas bicara Lapangan Renon, Denpasar pada saat car free day. Diskusi ini mengundang Mapala dan Sispala serta komunitas pecinta alam se-Bali untuk turut berkontribusi dalam memberikan ide-idenya sesuai tema diskusi. Selain sepakat untuk mengurangi penggunaan plastik, seluruh komunitas pecinta alam yang turut hadir dalam diskusi ini, membantu Mapala “Wanaprastha Dharma” membagikan tas belanja kepada masyarakat Kota Denpasar yang datang pada car free day baik yang sekedar jalan-jalan maupun olahraga.

        Mempertemukan komunitas peduli lingkungan langsung dengan DLHK diharapkan mampu membangun sinergi dan integritas dalam menjaga kelestarian lingkungan kita. Dengan diadakannya diskusi ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada kita maupun masyarakat luas bahwa sampah plastik berdampak sangat buruk bagi kelestarian alam dan lingkungan tempat tinggal kita. Ketika alam dan lingkungan kita lestari dan bersih dari sampah, senantiasa akan memberikan kenyamanan serta semangat dalam beraktivitas.