CSC (Chemistry Sosial Care) 2021 



CSC (Chemistry Sosial Care) 2021 merupakan kegiatan bakti sosial yang rutin setiap tahunnya dilaksanakan oleh Mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. CSC tahun ini mengangkat tema “ Bersama Wujudkan Masyarakat yang Cerdas Melalui Kebersamaan dalam Pemberdayaan Lingkungan dan Penerapan Ilmu Kimia”.

 Kegiatan pada tahun ini dilakukan di Desa Pikat Klungkung secara luring dan daring melalui cisco webex. Kegiatan yang dilakukan pada CSC berupa acara bakti social dengan pemberian edukasi kepada masyarakat desa tentang kewirausahaan dengan penerapan ilmu kimia serta pemberiaan sumbangan berupa kebutuhan pokok kepada beberapa warga desa yang membutuhkan di Desa Pikat Klungkung. Materi yang dibawakan yaitu Ecoenzym, Virgin Coconout Oil (VCO), dan Biopori.

 Kegiatan CSC ini dilakukan pada tanggal 30 Oktober 2021 tepatnya hari sabtu dan bertempat di balai banjar Pangi Desa Pikat Klungkung. Adapun rangkaian kegiatan CSC 2021 yaitu :

1. Pembukaan

2. Doa

3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Udayana, Mars MIPA, dan Mars Kimia

4. Sambutan-sambutan

5. Pembukaan kegiatan Chemistry Social Care (CSC) 2021 secara resmi

6. Pemaparan dan tanya jawab mengenai Eco Enzym

7. Pertanyaan dan tanya jawab mengenai VCO

8. Pemaparan, penayangan video penanaman, dan tanya jawab mengenai Biopori

9. Penyerahan sample dan buku literasi serta sumbangan sembako

10. Penutup

Adapun dalam kegiatan CSC 2021 ini mengundang 3 pembicara yang akan membawakan materi yaitu :

1. Pemateri 1 (Ecoenzyme) : Dr. I Nengah Wirajana, S.Si, M.Si

2. Pemateri 2 Virgin Coconout Oil (VCO) : Dra. Emmy Sahara, M.Sc (Hons)

3. Pemateri 3 Biopori : I Wayan Gede Darma Putra, S.E

Pada rangkaian kegiatan CSC juga terdapat kegiatan penyerahan buku literasi atau buku bacaan untuk perpustakaan desa, penyerahan sampel dari materi yang dibawakan dalam CSC serta penyerahan plakat kepada desa Pikat Klungkung. Pembagian sembako menjadi salah satu rangkaian penutup dalam rangkaian kegiatan CSC, dimana pembagian sembako diberikan kepada beberapa warga (kurang lebih 10 keluarga) yang telah didata kurang mampu di setiap Banjar di desa Pikat Klungkung. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah serta membersihkan areal tempat pelaksanaan.

Kegiatan CSC diharapkan mampu mengembangkan soft skill dan life skill kepada Mahasiswa Kimia Universitas Udayana dan membangkitkan rasa kepedulian dan kebersamaan antar sesama yang didalamnya berpedoman pada Tri Dharma Perguruan Tinggi. Semoga CSC tahun berikutnya dapat berjalan dengan sangat baik dan lancar, serta sukses dalam mencapai tujuan yang telah dibuat.



Berikut beberapa dokumentasi dari acara ini: