Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMAFARMA) sebagai sebuah organisasi kemahasiswaan di tingkat program studi yang aktif dalam setiap kegiatan kemahasiswaan. HIMAFARMA didirika sebagai wadah yang menampung seluruh aspirasi mahasiswa Farmasi Universitas Udayana serta sebagai media penghubung antara mahasiswa Farmasi Universitas Udayana dengan lingkungan luar. HIMAFARMA dalam menunjang softskill mahasiswa dalam berorganisasi memiliki berbagai program kerja yang rutin dilaksanakan setiap tahun. 
    Kegiatan workshop dan seminar kefarmasian merupakan salah satu program dari Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMAFARMA) Program Studi Farmasi Fakultas MIPA Universitas Udayana yang bertujuan untuk mengembangkan intelektualitas, soft skill, wawasan, dan pengalaman peserta seminar secara umum dan mahasiswa Program Studi Farmasi Universitas Udayana secara khusus. Kegiatan seminar merupakan kemasan lain dari perkuliahan yang lebih menarik dan inovatif. Kegiatan seminar akan disempurnakan pula dengan adanya praktik atau pelatihan langsung pada kegiatan workshop yang dilaksanakan setelahnya. Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi peluang strategis untuk menunjukkan eksistensi Program Studi Farmasi Udayana di Nasional melalui kegiatan workshop dan seminar yang diselenggarakan.
    Workshop dan Seminar Nasional Farmasi tahun 2020 mengangkat tema “Pelayanan Kefarmasian di Era Digital”. Teknologi telah berdampak besar pada kehidupan kerja jutaan orang. Teknologi ini dapat dimanfaatkan oleh apoteker dengan aplikasi seluler, sehinggga dapat memungkinkan penyimpanan catatan pasien terstruktur, memfasilitasi resep elektronik, pengeluaran dan administrasi obat-obatan, mengotomatiskan penanganan obat-obatan dalam rantai pasokan dan menyediakan alat untuk memantau kemanjuran dan keamanan obat-obatan yang digunakan. Semua data aplikasi seluler itu dapat dimasukkan ke dalam platform terintegrasi dan memberikan wawasan bisnis tambahan untuk apotek.
    Maka dari itu melalui Workshop dan Seminar Nasional Farmasi 2020 ini, apoteker, ahli farmasi, dan mahasiswa farmasi akan mendapatkan pengetahuan mengenai pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan standar pelayanan kepada pasien dan membuat omzet apotek lebih menguntungkan.
    Kegiatan Workshop dan Seminar Nasional Farmasi 2020 dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) pada hari Sabtu, 5 Desember 2020 via Cisco Webex, telah berjalan dengan baik dan lancar. Peserta yang berpartisipasi berasal dari kategori alumni S1 dan Apt Udayana, Alumni Apoteker Udayana, Dosen, Umum, D3, serta mahasiswa yang telah mendaftar kepada panitia. Jumlah peserta yang telah mendafar pada WSNF 2019 ini adalah sebanyak 234 peserta yang terdiri dari 2 peserta alumni Apoteker Udayana, 67 peserta alumni S1 dan Apoteker Udayana, 124 peserta mahasiswa, 21 peserta dari kategori umum, 1 peserta kategori D3, dan sebanyak 19 peserta dari dosen Farmasi Universitas Udayana. WSNF 2020 terdiri dari 3 kegiatan utama yaitu seminar 1, seminar 2, dan workshop dengan tema dan pembiara yang berbeda. Berikut merupakan uraiannya :
  • Tema Seminar 1 yaitu Kebijakan Pelayanan Kefarmasian dalam Telemedicine yang dipaparkan oleh pembicara dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) yaitu apt. Elza Gustanti, S.Si., M.H.
  • Tema Seminar 2 yaitu Legalitas dan Proses Pengawasan Pelayanan Kefarmasian di Era Digital yang dipaparkan oleh Dra. Ni G.A.N. Suarningsih, Apt, M.H. selaku Balai Besar POM Denpasar.
  • Tema Workshop mengenai CHATBOT Untuk Apotek dibawakan oleh Stefanus Nova, S.Si., Apt yang merupakan Founder Perhimpunan Informatika Farmasi Indonesia (PIFI) dan Founder Pharmamed Chatbot.

Dokumentasi selama kegiatan berlangsung: