LKMM & Soft Skill adalah kegiatan pembekalan dan pengembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam manajemen organisasi mahasiswa baik intra maupun antar perguruan tinggi. LKMM & Soft Skill tahun ini mengangkat tema "Adipati Bausastra Nawasena" yang artinya Seorang pemimpin yang berilmu dan berintelektual serta memiliki harapan demi meraih kejayaan.

Setiap mahasiswa FTP angkatan 2022 diwajibkan untuk mengikuti setiap rangkaian acara LKMM & Soft Skill FTP karena kegiatan ini adalah salah satu syarat kelulusan mahasiswa FTP. Selain itu dengan mengikuti LKMM & Soft Skill, mahasiswa juga akan mendapatkan beberapa manfaat yaitu:
1. Kepemimpinan: Mahasiswa memiliki sifat untuk memimpin dan dipimpin
2. Kritis: Mahasiswa mampu menemukan dan menyelesaikan masalah di lingkungannya
3. Etika berkomunikasi: Mahasiswa memiliki etika berkomunikasi yang baik dan benar
4. Tanggung jawab: Mahasiswa mampu mandiri dan memiliki tanggung jawab baik dengan dirinya sendiri ataupun orang lain 
5. Kompetitif: Mahasiswa memiliki jiwa kompetitif dan memiliki semangat mengembangkan prestasi



Setiap rangkaian acara hari-h LKMM dan Soft Skill FTP 2023 diisi dengan kegiatan-kegiatan yang sangat menarik seperti melakukan moodbooster dan juga diisi oleh pembicara-pembicara yang pastinya memberikan banyak pelajaran dan pengetahuan pada mahasiswa FTP. 

Pada kegiatan hari pertama LKMM & Soft Skill diisi oleh Kak Gede Aditya Lucky Darmawan, S.H sebagai pembicara yang memaparkan materi yang bertema “Dinamika Organisasi”. Materi yang disampaikan oleh Kak Aditya menjelaskan betapa pentingnya masuk ke dalam organisasi yang dapat mengembangkan potensi yang kita miliki. Kak Aditya juga menjelaskan bagaimana caranya apabila kita ingin masuk kedalam organisasi, dimana kita harus terlebih dahulu mengenali dirinya sendiri agar tidak salah masuk kedalam suatu organisasi.



Di hari pertama LKMM & Soft Skill juga diisi dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dimana peserta LKMM & Soft Skill dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok FGD akan dibagi menjadi 2 tim, yaitu tim pro dan tim kontra. pada kegiatan FGD akan membahan permasalahan dengan tema “Organisasi mahasiswa saat ini sudah tidak relevan untuk dijalankan, mengingat banyak program-program yang ditawarkan saat ini, seperti MBKM (magang, studi independen, IISMA, dll)”. Pada Kegiatan FGD ini setiap peserta wajib untuk menyampaikan pendapatnya mengenai tema tersebut dan boleh memberikan sanggahan terhadap tim lawan dengan tenang.

Hari kedua LKMM & Soft Skill tidak kalah seru juga dari hari pertama. Pada hari kedua diisi oleh Kak Wade O Mara Sinulingga yang merupakan Plant Manager The Talasi. kak Wade membawakan materi yang bertema “Aktualisasi dan Optimalisasi Penerapan Teknologi dalam penanganan Pasca Panen di Indonesia”. Di hari kedua juga telah menampilkan yel-yel dari beberapa kelompok yang membuat kegiatan semakin seru. Dan yang paling menarik di hari kedua adalah adanya pengumuman King & Queen LKMM & Soft Skill FTP 2023, dimana King & Queen adalah mahasiswa yang paling aktif pada setiap rangkaian acara LKMM & Soft Skill.



Selanjutnya hari ketiga yang merupakan hari terakhir dari kegiatan LKMM & Soft Skill. Pada hari ketiga banyak sekali kegiatan-kegiatan yang menarik. Pada hari ketiga menayangkan Agritech Got Talent dari peserta LKMM & Soft Skill FTP 2023 yang nantinya akan ada peserta yang berhasil menjadi peserta terbaik yang memenangkan Agritech Got Talent ini. Di hari ketiga ini juga akan ada pembacaan pentas seni kelompok terbaik yang akan ditampilkan diatas panggung. Beberapa games yang seru juga diadakan pada hari ketiga ini yang pastinya membuat acara menjadi lebih meriah lagi. Dari panitia LKMM & Soft Skill FTP 2023 juga telah meyiapkan pentas seni kolaborasi yang dimana panitia dan peserta telah digabungkan untul menampilkan sebuah penampilan yang sangan memukau. Di hari ketiga juga telah mengumumkan beberapa apresiasi kepada peserta LKMM & Soft Skill FTP 2023. Dan diakhir acara, panitia dan peserta memberikan kesan dan pesan yang menarik terhadap setiap rangkaian acara LKMM & Soft Skill FTP 2023 yang telah berhasil dilalui.