Workshop ini bertujuan utk memberikan pembekalan kepada peserta PPK Ormawa yang lolos pendanaan tahun 2023 sebelum mereka turun ke desa. Setiap kelompok diberikan strategi untuk pelaksanaan PPK Ormawa 2023 menuju anugerah abdidaya Tahun 2023. Adapun evaluasi di tahun 2022 bahwa PPK Ormawa memiliki permasalahan :
1. Tim pelaksana lemah dalam pengisian logbook;
2. Luaran wajib dan luaran tambahan belum tercapaj secara optimal pada saat Penilaian Kemajuan Pelaksanaan (PKP);
3. Temuan Monev lapangan yang berbeda dengan PKP;
4. Dukungan Ormawa kurang jelas (Kesan dipasrahkan ke tim pelaksana);
5. Peran dosen pendamping kurang Optimal (Normatif);
6. Dukungan PT lemah diaspek pendampingan teknis dan Monev;
Maka dari itu melalui workshop ini lah dibuatkan strategi dan komitmen semua pihak baik itu tim pelaksana, Ormawa, Dosen Pendamping, Perguruan Tinggi dan Mitra. Melalui workshop ini juga enam masalah tersebut dibahas dan dibuatkan strategi - strategi menuju anugerah Abdidaya tahun 2023.


Ketua panitia Ir. I Nyoman Budiastra M.Kes menyampaikan laporannya bahwa dari 26 proposal Kelompok Ormawa diusulkan 14 proposal dan lolos pendanaan 7 kelompok ormawa. Dan telah dilaksanakan workshop pembekalan menuju anugerah abdidaya 2023. Adapun daerah atau desa yang akan dilaksanakan PPK Ormawa adalah :
1. Desa /Kelurahan Karya sari kecamatan pupuan kab tabanan
2. Desa Gunaksa Dawab Klungkung Bali
3. Desa Selat, Sukasada Buleleng Bali
4. Desa Kusamba Dawan Klungkung Bali
5. Br. Yeh panes Songan B Kintamani Bangli bali
6. Desa Pejeng Kangin Kec Tampak Siring Gianyar Bali
Untuk itu agar ke 7 Kelompok PPK Ormawa 2023 agar dilepas oleh Bapak WR III pada hari minggu tgl 9 Juli 2023 dan melaksanakan program selama 1 semester ganjil 2023/2024


Acara yang dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 Juli 2023 bertempat di Ruang Aula Pasca lantai 4 gedung Pascasarjana kampus sudirman denpasar dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT, Ph.D. IPU. dan dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Unit Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPKP), Pembimbing PPK Ormawa lolos pendanaan 2023, Ketua dan Sekretaris USCC, Tim Reviewer Internal UPKP, 7 kelompok PPK Ormawa 2023 lolos pendanaan yang berjumlah 105 orang mahasiswa dan Staf Biro Kemahasiswaan bagian Kesma.

Dalam acara ini dihadirkan Narasumber yang sudah berpengalaman yaitu Prof. Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd. yang memberikan pembekalan dan membuat perencanaan strategis menuju Anugerah Abdidaya 2023. 

Setelah dilaksanakan workshop, diharapkan peserta memiliki bekal strategi dan siap diepas menuju Desa untuk melaksanakan program PPK Ormawa 2023 sesuai rencana dan time line yg telah dibuat. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan melepas 7  kelompok PPK Ormawa lolos pendanaan tahun 2023.