Teras FISIP 2024 merupakan sebuah kegiatan yang digagas oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana. Kegiatan ini secara sistematis terbentuk menjadi salah satu program kerja yang dijalankan oleh Departemen Kajian dan Aksi Strategis BEM FISIP UNUD. Kegiatan Teras FISIP 2024 yang bertemakan “Sidang PHPU 2024: Memahami Implikasi Hasil Putusan Terhadap Stabilitas Demokrasi Indonesia” merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa/i untuk berdiskusi dan meningkatkan serta mengembangkan kepekaan mereka terhadap isu isu sosial-politik yang sedang hangat di Indonesia.
Adanya kontroversi hasil pemilihan suara ini menjadi topik yang perlu dibahas, karena menyangkut tentang masa depan kepemimpinan dan demokrasi di Indonesia. Sudah seharusnya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebagai fakultas yang membidangi isu-isu tersebut menjadi penggerak. Dalam perannya sebagai social control dan agent of change mahasiswa harus memiliki pemahaman dan kepekaan terhadap situasi di lingkungannya. Salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan adalah ruang diskusi mahasiswa. Melalui Teras FISIP 2024, diharapkan dapat meningkatkan kembali iklim diskusi mahasiswa. Faktor lain yang juga menghalangi kebermanfaatan diskusi mahasiswa adalah terbatasnya sumber terpercaya yang dapat digunakan sebagai pedoman.
Menanggapi permasalahan tersebut, Teras FISIP mulai direncanakan tanggal 11 April 2024 yang merupakan landasan awal yaitu pembentukkan para panitia yang nantinya akan berproses bersama merancang diskusi yang berkualitas dalam Teras FISIP 2024 ini.
Dilanjutkan dengan perkembangan selanjutnya yaitu rapat inti koor pada Selasa, 16 April 2024. Dengan berlangsungnya rapat ini, maka menjadi suatu penguat landasan berkegiatan untuk mempersiapkan Teras FISIP 2024.
Seiring persiapan yang dilakukan oleh para inti koor, rapat umum yang melibatkan seluruh anggota sie dilakukan pada Jumat, 19 April 2024 yang mematangkan pembagian tugas di tiap sie panitia.
Lalu tiba saat nya pada persiapan puncak yang dilaksanakan pada Senin, 22 April 2024 yang mematangkan seluruh teknis dan alur kegiatan acara Teras FISIP 2024.
Tibalah hari pelaksanaan Teras FISIP 2024 yang merupakan eksekusi persiapan yang sudah dilakukan kurang lebih 1 minggu. Bercermin dari segala upaya persiapan bai berbentuk rapat maupun koordinasi-koordinasi yang dilakukan, para panitia memiliki peran penting dalam kesuksesan acara Teras FISIP 2024.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Teras FISIP 2024 merupakan bentuk tanggapan terhadap isu sosial politik dalam hal ini yaitu Sidang PHPU 2024 yang dipercaya dapat membawa dampak besar terhadap stabilitas sosial dan politik di Indonesia. Selain itu Teras FISIP juga merupakan bentuk penyediaan ruang diskusi yang berkualitas serta sebagai upaya pembentukkan perspektif yang luas terhadap seluruh peserta Teras FISIP 2024.